oleh

Mahasiswa KKN UNG Berhasil Kembangkan Potensi UMK di Desa Lonou

GORONTALO, (PN) — Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM berhasil mengembangkan potensi masyarakat di Desa Lonuo.

Dalam program pengembangan potensi UMK Desa berbasis bahan pangan lokal yakni pohon nira, mahasiswa berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui inovasi produk sirup aren dan nata pi nata dari air nira.

Program yang dilaksanakan selama 4 bulan tersebut berfokus pada pembuatan bioetanol dari air nira, pembuatan handsanitizer dari air nira, pembuatan kurma dari kolang kaling, pembuatan nata pi nata dari air nira dan pembuatan sirup aren.

Menurut koordinator Desa, Moh. Izwarto Piyohu produk yang dihasilkan dari air nira merupakan salah satu komponen utama dan penting, dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Lihat Juga  Marten Taha Jadi Peserta Forum 100CEO di Istana Negara

“Produk yang kami buat dapat dijadikan sebagai produk yang telah dipasarkan, sehingga memunculkan ide, inovasi dan kreasi untuk kedepannya,” ungkapnya.

Kepala Desa Lonuo Sahrun Yasin, SE,I, mengaku program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa mampu memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa khususnya meningkatkan sektor perekonomian melalui inovasi produk usaha.

“Tentunya masyarakat juga sangat antusias untuk berpartisipasi dalan program yang digagas oleh mahasiswa UNG,” terangnya.

Sementara itu Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Pd, selaku dosen pembimbing lapangan mengatakan, melalui program KKN MBKM diharapkan mahasiswa dapat menjalankan perannya dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Lonuo. (**)

Berita ini juga dapat di akses melalui http://ung.ac.id

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar