Peringatan Cuaca Ekstrem: Hujan Lebat dan Angin Kencang Menghantui Gorontalo

Gorontalo, PinoguNews.ID – BMKG mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem untuk wilayah Provinsi Gorontalo pada Jumat, 19 Januari 2024, mulai pukul 08.00 Wita.

Pagi hari diprediksi cerah berawan hingga berawan, namun dengan potensi hujan ringan di wilayah Paguat, Sumalata, Asparaga, Tilamuta, dan sekitarnya. Sementara potensi hujan sedang-lebat di Popayato, Marisa, dan sekitarnya.

Siang hari cuaca diperkirakan berawan hingga hujan, dengan potensi hujan ringan merata hampir di seluruh wilayah Gorontalo. Potensi hujan sedang hingga lebat di Marisa, Kabupaten Pohuwato, Batudaa, Boliyohuto, Limboto, Telaga, Tolongohula, dan sekitarnya. Juga di wilayah Bulango Ulu, Suwawa, Tilamuta, Paguyaman, dan sekitarnya.

“Malam hari cuaca umumnya cerah berawan hingga berawan,” kata Sayid Mahadir, Prakirawan Cuaca BMKG Gorontalo.

Dini hari diprediksi cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan ringan di wilayah Paguat, Kwandang, Ponelo Kepulauan, Aggrek, Gentuma, Bone Pantai, dan sekitarnya. Suhu antara 23-33°C, kelembaban 60-95%, arah angin dari barat daya-timur laut dengan kecepatan berkisar 10-20 km/jam.

BMKG juga mengingatkan akan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang/sore hari di Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Gorontalo, dan Bone Bolango.

Prakiraan gelombang jalur penyeberangan di Laut Sulawesi Gorontalo Utara mencakup kondisi cuaca dengan hujan sedang, arah angin dari timur laut-timur dengan kecepatan 4-30 km/jam, dan ketinggian gelombang berkisar antara 0,5-1,25 m. Di Teluk Tomini, prakiraan cuaca mencakup hujan ringan, arah angin dari barat laut-utara dengan kecepatan 4-30 km/jam, dan ketinggian gelombang mencapai 0,5-1,25 m.(IH)

Komentar