APBD 2024 Kota Gorontalo Fokus Selesaikan Pembangunan dan Kemiskinan

Kota Gorontalo, (PN) – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, mengumumkan perencanaan APBD 2024 dengan tekad kuat memajukan Kota Gorontalo melalui fokus pada sektor kunci pembangunan.

“Dalam APBD tahun ini, kami menetapkan prioritas pada sektor-sektor vital yang akan mendukung penuntasan RPJMD,” ujar Marten, Jumat (19/01).

Marten menyebutkan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pengembangan SDM menjadi fokus utama, dengan alokasi dana mencapai Rp 1,652 miliar.

“Pendidikan memiliki peran sentral, dengan alokasi Rp 251 miliar, diikuti oleh sektor kesehatan Rp 390 miliar, infrastruktur Rp 122 miliar, dan pengembangan SDM Rp 889 juta,” tambahnya.

Marten juga menyoroti upaya konkret untuk mengentaskan kemiskinan. “APBD 2024 mencakup anggaran sebesar Rp 107 miliar untuk penghapusan kemiskinan ekstrem, dengan fokus pada mengurangi beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan, dan penurunan jumlah kantong kemiskinan,”jelasnya

Dalam menghadapi tantangan ekonomi, Marten menekankan tema APBD 2024, yaitu pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial.

“Dana sebesar Rp 16 miliar dialokasikan untuk pembangunan kelurahan, mencerminkan komitmen pemerintah kota dalam menggerakkan roda ekonomi di tingkat lokal,” tandasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Wali Kota Marten Taha berharap APBD 2024 akan menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan kemajuan Kota Gorontalo.(IH)

Komentar