Dalam Program Kota Baru, Walikota Gorontalo Prioritaskan Pembangunan Kanal Banjir

Kota Gorontalo, (PN)Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pelaksanaan Program Infrastruktur Prioritas Tahun 2021, berencana akan membangun Kota Baru sebuah program prioritas dalam penataan kota.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha dalam arahannya pada Rakernis yang digelar di Hotel Maqna, Kamis (14/01/2021).

“Kami akan membangun Kota Baru yang akan menjadi simbol Kota Gorontalo bagaimana kawasan yang nyaman, aman, rapi, bersih, dan menyenangkan sehingga menyenangkan warga Kota,” ujar Marten.

Dalam membangun program Kota Baru, Marten juga menyampaikan bahwa akan merelokasi serta menata kawasan bantaran sungai untuk menata kembali agar tidak terjadi banjir dan kawasan tersebut tidak menjadi kumuh seperti di wilayah Kecamatan Kota Timur dan sekitarnya yang meliputi Kelurahan Tamalate, Tenda, dan Kampung Bugis.

“Yang akan kami relokasi untuk mereka (warga, red) yang menghuni bantaran sungai yang senantiasa menyebabkan banjir, baik di Kampung Bugis, Tamalate, kemudian Tenda nanti akan ditanggulangi oleh Balai Sungai untuk dilakukan penataan sehingga tidak menimbulkan banjir,” tutur Marten.

Dan terakhir Marten menyampaikan bahwa pembangunan kanal banjir sangat penting dan harus diprioritaskan jika membangun Kota Baru, karena wilayah Kota Baru berada di wilayah yang sering banjir dan hal tersebut harus diprioritaskan.

“Pembangunan kanal banjir di Tangidaa wilayah Kota Timur, Insya Allah sudah tidak akan banjir Kota Timur, karena disitu kita akan membangun Kota Baru, bagaimana kita akan membangun Kota Baru kalau masih saja terjadi banjir,” tandasnya.

Dan untuk program Kota Baru sendiri Pemkot menggunakan dana sebesar 66 Miliar Rupiah untuk pembangunan Kota Baru. (Adv)

Penulis: Bayu Harundja

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar