Marten Taha Kembali Dianugerahi Tokoh Penggerak Koperasi

Padang, (PN) — Predikat tokoh Penggerak Koperasi Madya Dianugerahkan kepada Wali kota Gorontalo Marten Taha atas Kepeduliannya terhadap Perkembangan Koperasi dikota Gorontalo.

Anugerah penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid pada puncak acara hari koperasi ke 76 di Kota Padang, Sumatera Barat, (22/7/2023).

Marten menjelaskan penghargaan yang diterima merupakan hasil dari rangkaian penilaian yang dilakukan oleh Dewan Koperasi Indonesia. ia menuturkan penilaian menggunakan sejumlah indikator, diantaranya inovasi memajukan dunia koperasi melalui program dan kebijakan.

“ Alhamdulillah Kota Gorontalo sudah dua kali menerima penghargaan penggerak koperasi, yang pertama tingkat pratama dan kedua tingkat madya. Dalam menilai Dekopin terus melakukan evaluasi serta mengamati kebijakan kita dalam memajukan koperasi itu sendiri. Atas pencapaian ini saya mengucapkan terima kasih kepada para pelaku usaha baik itu koperasi maupun umkm yang telah mendukung kebijakan kami dalam memajukan koperasi di Kota Gorontalo,” ucap marten.

Ia mengatakan dalam menjaga eksistensi koperasi dikota gorontalo, pemerintah kota gorontalo melakukan berbagai kebijakan intervensi agar koperasi tetap sehat.

“ Intervensi yang kita lakukan salah satunya mendorong agar koperasi terus hidup. Dikota gorontalo itu kurang lebih ada 28 koperasi aktif, mereka itu disentuh agar kepengurusannya tetap eksis dan permodalannya terus berkembang. tidak hanya sekedar itu, pemerintah kota Gorontalo juga selalu mengawal dan memberikan penguatan serta bimtek sehingga tatanan organisasinya di dalam koprasi itu teratur termasuk tata cara pengelolannya,” kata Marten.

tantangan lain yang dihadapi oleh pemerintah kota gorontalo menghidupkan kembali koperasi sedang mengalami pasang surut. berangkat dari rasa kepedulian yang tinggi, ia kemudian membuat inovasi untuk membangkitkan usaha koperasi yang sempat terpuruk. menurutnya koperasi harus tetap hidup, sebab koperasi salah satu pilar ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya penghargaan ini, saya berharap semangat dan motivasi untuk mengembangkan koperasi di Kota Gorontalo semakin meningkat. Koperasi-koperasi yang sebelumnya tidak aktif diharapkan dapat bergabung kembali dan berkontribusi dalam memajukan perekonomian daerah” ujar Marten.

apa yang menjadi harapan Marten sejalan dengan upaya Dinas Koperasi dan UMKM untuk memberikan fasilitasi dan dukungan kepada koperasi-koperasi agar tetap beroperasi. dengan majunya koperasi diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat dan membangkitkan perekonomian di Kota Gorontalo. (Adv/IH)

Komentar