Banyak Berkontribusi untuk Daerah, Wali Kota Gorontalo Akui Kinerja Baznas

KOTA GORONTALO, PN – Eksistensi Baznas Kota Gorontalo diakui Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, karena banyak berkontribusi untuk daerah dan masyarakat. Hal ini disampaikan Wali Kota Gorontalo, usai menyalurkan secara simbolis program bantuan ekonomi produktif oleh Baznas Kota Gorontalo di Aula Kantor Wali Kota Gorontalo, Senin (12/06/2023).

Wali Kota Gorontalo jelaskan bahwa peran serta Baznas Kota Gorontalo, selain sebagai unit kerja yang bergerak pada pengumpulan zakat, Baznas Kota Gorontalo memiliki program kegiatan baik pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi produktif. Nah, kali ini program yang dilaksanakan Baznas Kota Gorontalo yaitu ekonomi produktif, yang ditujukan kepada pelaku usaha mikro dan kecil. 

“Program yang dilaksanakan Baznas Kota Gorontalo ini, sangat membantu Pemerintah Kota Gorontalo dalam memulihkan perekonomian daerah. Program ekonomi produktif ini diberikan kepada 70 pelaku usaha mikro kecil, yang tersebar di empat kecamatan di Kota Gorontalo. Saya mengapresiasi program kegiatan yang dilaksanakan Baznas Kota Gorontalo, dan semoga bantuan ini memberikan manfaat besar untuk penerima,” ujarnya. 

Sementara itu Ketua Baznas Kota Gorontalo, Muhamad Husain Rauf katakan, program kegiatan diperuntukan pada pelaku usaha produktif ini melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayaguanaan Zakat.

“Iya benar, Baznas Kota Gorontalo melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat telah melaksanakan program kegiatan ekonomi produktif bagi pelaku usaha produktif di Kota Gorontalo. program kegiatan ekonomi produktif ini melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat, namun fokus programnya melalui pendayagunaan zakat. Sebab, anggaran untuk pelaksanaan program ekonomi produktif ini melalui pengelolaan zakat di Baznas Kota Gorontalo. Dalam data yang kami miliki ada sekitar 70 penerima manfaat yang akan diberikan bantuan tersebut, tersebar di empat kecamatan masing-masing Kecamatan Kota Barat, Kota Timur, Kota Tengah dan Kecamatan Kota Utara,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Kota Gorontalo, Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Riton Ma’ruf tambahkan, Pelaksanaan program ekonomi produktif dilakukan langsung petugas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Kota Gorontalo. Satu diantaranya pendataan calon penerima manfaat program kegiatan itu, dimana petugas secara langsung turun lapangan melakukan pendataan dan melihat langsung kondisi calon penerima bantuan tersebut.

“Setelah melakukan koordinasi dengan aparat kelurahan, petugas kami turun langsung melakukan pendataan di setiap wilayah, termasuk melihat kondisi warung calon penerima bantuan apakah layak atau tidak menerima program ekonomi produktif dari Baznas Kota Gorontalo,” terangnya.

Selain itu Ia katakan setiap calon penerima bantuan dari program ekonomi produktif ini, akan mendapatkan satu paket bantuan bahan untuk dijual di warung mereka. Dalam setiap paket bantuan program ekonomi produktif ini terdapat 32 jenis produk, sebagian diantaranya Beras 1 karung atau 50 kg, minyak goreng 12 liter, gula 25 kg, garam, mie instan 3 karton, telur 3 bak, air mineral, minuman ringan, susu formula, sabun cuci, kecap, penyedap masakan.

“Melalui program ekonomi produktif ini, Baznas Kota Gorontalo melalui Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat tidak hanya menyerahkan bantuan dalam bentuk barang. Akan tetapi, mereka penerima manfaat akan diberikan uang tunai sebagai tambahan modal usaha. Kemudian perkembangan usaha mereka pun akan kami evaluasi secara berkala” pungkasnya. (Adv/IH)

Komentar