Pemkot Gorontalo Cetak 30 Ribu Khatam Al-Qur’an di Tahun 2023

Kota Gorontalo, (PN) — Sebanyak 1700 Santriwan dan Santriwati kota gorontalo telah menamatkan bacaan alquran selang tahun 2023. selama pelaksanaan khatam raya, pemerintah kota gorontalo telah mencetak sebanyak 30 ribu santri yang lancar baca tulis alquran.

Pengukuhan penamatan dikemas dalam agenda Khatam Raya Santri Ke 32 se Kota Gorontalo Tahun 2023. pengukuhan tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Gorontalo Marten Taha didampingi Wakil Walikota, Unsur Forkopimda, Kemenag Kota Gorontalo, Serta Sekda dan jajaran pemerintah kota gorontalo, sabtu 10/6/2023 di lapangan buladu kecamatan kota barat kota gorontalo.

“ Sesuai yang disampaikan oleh ketua MUI, sudah lebih dari 30.000 santri yang tahu baca tulis Al Qur’an selama pelaksanaan khatam raya di kota gorontalo,” ucap Marten

ia optimis pencapaian ini akan sejalan dengan target pemerintah kota gorontalo melahirkan 10.000 hafidz dan hafidzah dalam waktu 10 tahun. sejak awal pemerintahannya marten telah menargetkan setiap tahun dapat menghasilkan penghafal alquran sebanyak 1000 orang.

“target kami setiap tahun mencetak 1000 orang penghafal alquran. maka diakhir pemerintahan saya selama sepuluh tahun, akan lahir 10.000 hafidz dan hafidzah di kota gorontalo, “, ujar Marten.

menurutnya komitmen pemerintah kota gorontalo memiliki generasi qurani cukup tinggi. meskipun sempat terhalang dengan pandemi covid -19 selama 3 tahun berturut – turut, pembinaan keagamaan khusus baca tulis alquran terus digalakkan.

Ibarat gayung menyambut, warga kota gorontalo begitu antusias ingin mempelajari kalamatullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad S.A.W melalui perantara malaikat jibril itu.

“Memang 3 tahun terakhir khatam raya santri tidak dilaksanakan secara massal seperti ini karena adanya pandemi covid 19. di tahun 2020, 2021, 2022 dilaksanakan secara virtual dengan menghadirkan hanya kira-kira 90 orang kemudian dilantik dan diwisuda” ungkap Marten.

kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan khatam raya, marten tak lupa mengucapkan terima kasih. khususnya Taman pengajian alquran, marten menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya.

” Saya berharap khatam raya jangan hanya di maknai secara seremonial saja, akan tetapi alquran yang di pelajari harus dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari.” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Marten memberikan penghargaan kepada 90 santriwan dan santriwati terbaik yang diwakili 10 orang dari masing-masing kecamatan di Kota Gorontalo. (Adv/IH)

Komentar