oleh

BKSU Gelar Rapat Kerja Sektor Pariwisata di Kabupaten Bone Bolango

BONEBOL (PN) – Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) yang terdiri dari Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Utara, Buol, dan Bolaang Mongondow Utara menggelar rapat kerja sektor Pariwisata di Bone Bolango yang dibuka secara resmi Plh. Bupati Bone Bolango Ishak Ntoma, di ruang rapat Bupati, Selasa kemarin (23/2/2021).

Plh. Bupati Bone Bolango Ishak Ntoma dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Bone Bolango dan pada umumnya Provinsi Gorontalo saat ini sedang gencar-gencarnya membangun konsep geopark.

Geopark sendiri adalah bagian atau secara keseluruhan merupakan satu konsep membangun wisata minat khusus yang mengangkat, menggali, mengusung, dan mempromosikan konsep-konsep wisata di bawah laut, bawah tanah, gunung, darat, dan yang ada disekitarnya termasuk peninggalan-peninggalan zaman dulu maupun hal-hal wisata yang berhubungan dengan kebudayaan.

“Oleh karena itu, dengan adanya kerja melalui BKSU ini diharapkan dapat menghasilkan keuntungan guna mendesain lokus wisata kita, baik yang ada Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara,”kata Ishak.

Dalam kesempatan ini Sektretaris Jenderal BKSU Fachrudin Zain Olilingo mengatakan rapat kali ini sudah yang kedua kalinya sejak ditetapkannya Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin sebagai Ketua.

“Rapat yang pertama kita adakan di Kabupaten Bolmut membicarakan tentang pengembangan udang vaname itu pada tanggal 19 Februari, kemudian hari ini tanggal 23 Februari di Bone Bolango membahas sector pariwisata, dan pada tanggal 2 maret nanti akan membahas pengembangan peternakan sapi di Buol,”kata Fachrudin.

Fachrudin menuturkan terdapat 3 program unggulan BKSU yaitu pengembangan udang vaname dalam program kelautan dan perikanan, peternakan sapi pada sector pertanian dan peternakan, dan pariwisata.

Fachrudin mengungkapkan dari hasil program yang dibahas rapat kerja BKSU yang digelar di Kabupaten Bone Bolango nanti akan dirumuskan oleh tim perumus yang terdiri dari semua Kepala Dinas dan pihak UNG akan merumuskan program prioritas yang akan mendapatkan anggaran di Tahun 2022.

“Yang nantinya akan dipaparkan pada rapat pleno di Kabupaten Gorut yang akan diikuti oleh sector perikanan, peternakan, dan pariwisata,” ungkap Fachrudin.

“Masing-masing dari sector itu akan menyampaikan programnya. Disana yang akan hadir Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kepala Bappeda, Pihak UNG, dan dari pihak BKSU,” tutup Fachrudin. (Adv/IH)

Penulis: Imran Husain

Gambar Gravatar
Wartawan PinoguNews

Komentar

News Feed