Pemda Boalemo Gelar Adat “Tonggeyamo” Untuk Menentukan Sholat Idul Adha

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha 1442 H/2021 M, terlebih dahulu melaksanakan Rapat Adat “Tonggeyamo” sebagai tradisi turun temurun bagi rakya Gorontalo. Rapat Adat penentuan sholat Idul Adha tersebut berlangsung di rumah jabatan Wakil Bupati Boalemo, Senin (19/07/2021).

Dalam penyampaian Pelaksana Tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf, tonggeyama sebagai sarana penentuan Sholat Idul Adha, sehingga Pemerintah Daerah Boalemo melakukan prosesi adat “Tonggeyamo” untuk menentukan Sholat Idul Adha 1442 H.

Lebih lanjut Anas Jusuf mengatakan, rapat adat Tonggeyamo ini, Pemerintah Boalemo, telah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Adha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021.

“Pada rapat adat Tonggeyamo, kami dari pemerintah daerah telah mendengarkan dari petinggi adat, kemenag, MUI, dan menetapkan bersama bahwa sholat idul Adha dilaksanakan besok Senin 20 Juli 2021” ungkap Anas Jusuf.

Untuk itu Anas Jusuf, menghimbau pada pelaksanaan sholat Idul Adha serta pelaksanaan hewan qurban harus tetap mematuhi protokol kesehatan, jika perlu Takmil masjid mengantarkan daging kurban pada masyarakat yang berhak mendapatkannya untuk menghindari kerumunan.

Hal tersebut dilakukan, guna menghindari penyebaran Covid19 di Kabupaten Boalemo, walau pun masih suasana pandemi, kita di bolehkan melaksanakan sholat Idul Adha di masjid mau pun di lapangan terbukan, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. (Adv).

Reporter/Penulis : YESTIN HARUN
Editor : RH

Komentar