Kota Gorontalo Dapat 5400 Vaksin Tahap Pertama Untuk Tenaga Kesehatan

Kota Gorontalo, (PN) – Program pemulihan kesehatan di masa pandemi yang dilakukan pemerintah pusat kini sudah di depan mata, salah satu cara mengatasi penyebaran virus corona yaitu dengan penyuntikan vaksin kini telah dilakukan upaya oleh pemerintah.

Pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi kini telah menyiapkan vaksin untuk didistribusikan ke masing-masing daerah dan salah satunya di Kota Gorontalo.

Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan bahwa penerima vaksin Kota Gorontalo belum diketahui berapa yang akan diberikan, dan untuk pendistribusian akan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo.

“Kami belum tahu berapa yang akan diberikan, karna yang dikirim itu per provinsi, untuk Provinsi Gorontalo mendapatkan 9400 vaksin, nanti yang akan memberikan provinsi melalui Dinkes,” ujar Marten saat diwawancarai usai mengikuti rapat koordinasi bersama Dinas Kesehatan, Selasa (05/01/2021).

Namun Marten juga menyampaikan bahwa Kota Gorontalo kemungkinan akan menerima sekitar 5400 vaksin dari pemerintah provinsi tahap pertama dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kota Gorontalo 2867 orang dan untuk tenaga kesehatan harus di vaksin dua kali, dan untuk kesiapan Kota Gorontalo siap secara SDM dan penyediaan sarana.

“Tenaga kesehatan di Kota Gorontalo jumlahnya 2867 orang, harus dua kali vaksin jadi kurang lebih 5400 yang harus masuk ke Kota Gorontalo tahap pertama,” ucap Marten.

Dan Marten menyampaikan untuk pelaksanaan pendistribusian vaksin di tanggal 14 Januari untuk daerah dan untuk pusat di tanggal 13 Januari, namun untuk pendistribusian ataupun pelaksanaan akan menyesuaikan dengan pemerintah pusat.

“Pelaksanaan ditargetkan mulai tanggal 14 dan pusat tanggal 13, kami rencanakan pencanangan tanggal 14 jadi tergantung pusat,” tutup Marten. (Ubay)

Reporter: Bayu Harundja

Komentar