Bersinergi Dan Berkolaborasi Membangun Gorontalo

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan Diskusi Publik Program Kerja tahun 2021 dan desimimasi hasil litbang sekaligus penandatangan perjanjian kerja sama antara Beppeda Kota Gorontalo dan Bappeda Kabupaten Boalemo, yang bertempat di Hotel Citra Ayu, Selasa (28/12/2021).

Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan, bahwa membangun Gorontalo dimulai dari sinergitas dan berkolaborasi antara kabupaten dan kota, sehingga kunjungan kami ini di mulai sejak Senin (27/12) ke Kabupaten Pohuwato dan hari ini ke Boalemo dengan kegiatan yang sama.

Karena ini kunjungan silaturahim kata Marten Taha, dalam membina kebersamaan, persahabatan, dan ikatan kekeluargaan, yang turus di jaga demi membangun kebersamaan untuk kepentingan Provinsi Gorontalo dimasa yang akan datang.

Sinergitas dan kolaborasi ini begitu penting ungkap Marten Taha, sebab kita ini adalah satu kawasan yang membutuhkan kerjasama karena Provinsi Gorontalo ini hanya ada 5 kabupaten dan 1 kota, sebenarnya dari sisi pemerintahannya mudah akan di kendalikan, apa lagi penduduknya hanya 1 juta lebih, dan kota sendiri tidak sampai 1 persen dari wilayah provinsi di bandingkan dengan Kabupaten Boalemo yang begitu luas dan memiliki kekayaan alam luar biasa, sebagai modal memakmurkan masyarakat Boalemo.

Sehingga penting bagi kedua daerah harus membangun kerjasama dari seluruh sektor yang bisa kita kerjasamakan, misalnya pariwisata dan kota gorontalo tidak memiliki destinasi wisata yang bisa di jual keluar, namun di Boalemo sendiri pariwisatanya sangat melimpah yang bisa kita jual keluar untuk mendatangkan keuntungan bagi Boalemo lebih khsususnya di provinsi gorontalo pada umumnya.

Sedangkan Bupati Boalemo Anas Jusuf, hari ini pemerintah daerah mendapat kunjungan silaturahim dari Pemerintah Kota Gorontalo, bagaimana mengelola sebuah kota sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang sangat signifikan bagi daerah.

Dan atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja guna membangun kerjasama melalui Bappeda Kota Gorontalo dan Bappeda Boalemo.

Melalui kerjasama ini kata Anas Jusuf, agar sinergitas dan kolaborasi kedua daerah dapat terbangun, dimana apa yang tidak dimiliki oleh Kota Gorontalo misalnya pariwisata namun di miliki oleh Boalemo, sehingga Kota Gorontalo dapat mempromosikan, saling mengisi, dan saling memberi, dan begitu juga sebaliknya.

“Pemerintah Boalemo akan melaksanakan beberapa program sehingga kami membutuhkan dukungan dari pemerintah kota gorontalo, dan insya Allah bulan Februari nanti, kami menggandeng pihak ketiga yakni Ambasador yang bergerak di bidang pariwisata akan menggelar Festival Boalemo, dan kami berharap pemerintah gorontalo mengambil bangian dalam kegiatan nanti,” harap Anas Jusuf.

Selain itu, Kabupaten Boalemo juga telah melaksanakan pertemuan dengan Universitas Negeri Gorontalo dan bahkan telah melaksanakan pertemuan dengan kemendes, bahwa Kabupaten Boalemo akan ditunjuk menjadi pusat kawasan ekonomi khusus berbasis pedesaan kawasan Toluk Tomini. Dan kami juga tidak bermaksud menyayingi pelabuhan kota gorontalo, tetapi pelabuhan tilamuta mulai tahun 2021 telah dicanangkan dari pelabuhan penumpang menjadi pelabuhan pengumpul, yang insya Allah tahun 2022 akan di anggarkan baik fisik ataupun lainnya. (RH).

Komentar