Plan Penataan Kawasan Kumuh Sudah 95 persen

Kota Gorontalo, (PN) — Pemerintah Kota Gorontalo terus menggenjot program penataan kawasan kumuh di Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya. Saat ini, progres perencanaannya sudah mencapai 95 persen.

“5 persen akan kita selesaikan minggu ini. Rencana lelang di awal desember dan kesempatan finalisisasinya di bulan November ini,” ujar Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Gorontalo Heru Zulkifli ketika diwawancarai seusai Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Kantor Walikota Gorontalo, Senin 14/11/2022).

Rapat Koordinasi Lintas Sektor dihadiri Wakil Walikota Ryan Kono dan Plh. Sekda Kota Gorontalo, serta seluruh pimpinan SKPD di lingkup Pemkot Gorontalo. Hadir pula pihak-pihak terkait antara lain Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo,Perwakilan Badan Jalan Nasional, Perwakilan Badan Pertanahan serta konsultan dan tim Kotaku.

Heru menjelaskan, penataan kawasan kumuh di Talumolo didanai lewat APBN. Kementrian terkait telah mendisposisikan semacam persetujuan dan arahan-arahan terkait upaya kelanjutan program tersebut. Salah satu disposisi Mentri, yakni kesiapan di daerah.

“Makanya kita perlu melakukan koordinasi terkait progres perkembangan kesiapan dari semua dokumen dan Persyaratan-persyaratan dan rencana penyelesaian kalau masih ada sisa-sia pekerjaan yang belum dituntaskan,” kata Heru.

Zulkifli menyampaikan pula, hal lain yang masih perlu dituntaskan berkaitan dengan administrasi serta dokumen lainnya. Termasuk pula, progres penanganan lahan warga yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung.

“Rencana aksi penanganannya sebagian sudah jalan dan akan kita finalkan di bulan ini. Sisanya kita lanjutkan tahun depan,” ujarnya.

Komentar