Pekaranagn Pangan Lestari Guna Mengatasi Rentan Rawan Pangan Menuju Ketahanan Pangan

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Pekarangan pangan lestari (P2L), ditetapkan pada daerah prioritas penanganan stunting dan penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan berdasarkan peta ketahanan dan kerentangan pangan (food security and vulnerabolity atla/FSVA).

Hal itu di sampaikan Kepala Dinas Pangan Adnan Marzuk setelah Pelaksana Tugas Bupati Anas Jusuf menyerahkan Piagam Penghargaan kepada kelompok wanita tani dan pendaming kelompok wanita tani disela-sela memperingati hari korpri ke-50 tahun di lapangan alun-alun tilamuta, Senin (6/12/2021).

Pemenang lomba P2L ungkap Adnan Marzuk, hasil penilaian yang dilakukan oleh tim juri oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Pokja 3, dan Dinas Teknis Dinas Pangan, dimana dalam penilaian P2L antara lain; jenis dan jumlah tanaman yang ditanam beragam, penataan, perawan, dan pemeliharaan, jumlah produksi, biaya produksi, partisipasi anggota, pembukuan atau administrasi kelompok, serta inovasi kelompok.

Berikut pemenang pada lomba P2L pada kelompok KWT dan pendamping KWT yakni :
Terbaik I : KWT Permata Indah Desa Permata Kecamatan Paguyaman (Terbaik I tingkat kabupaten dan provinsi).
Terbaik II : KWT Wanita Jaya Desa Bualo Kecamatan Paguyaman.
Terbaik III : KWT Bukit Harapan Desa Bukit Karya Kecamatan Paguyaman.
Terbaik I : Finkan Adrian Tamu (Pendamping kelompok Wanita Jaya Desa Bualo).
Terbaik II : Raif S. Musa (Pendamping kelompok Barito Jaya Desa Tangga Barito).
Terbaik III : Suyono (Pendamping kelompok Bukit Harapan Desa Bukit Karya).

Diharapkan kepada kelompok wanita tani agar terus mengembangkan dan termotivasi dalam program pekarangan pangan lestari, agar kerentangan dan rawan pangan di tengah-tengah keluarga minimal bisa teratasi, sekaligus meminalisir pengeluaran setiap anggota keluarga. (Adv).

Komentar