Mopotilolo Bupati Boalemo, Sekda Sherman Moridu : Pemimpin Sebelum Masuk Wilayah Diambil Secara Adat

BOALEMO, PINOGUNEWS.ID – Pemimpin sebelum masuk wilayah harus di lakukan secara “Adat Mopotilolo” sebelum melaksanakan aktivitas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat di suatu wilayaha.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Sherman Moridu setelah mengikuti adat mopotilolo kepada Bupati yang berlangsung di rumah dinas camat botumoito yang di hadiri oleh Bupati Anas Jusuf, para pimpinan OPD, Camat, kepala-kepala desa, dan jajaran pemerintah kecamatan serta desa, Selasa (4/1/2022).

“Adat mopotilolo maksudnya sebagai penghargaan pertama seorang pembesar negeri (Olongiya) yang akan berkunjung kewilayah-wilayah kekuasaannya setelah di lantik menjadi bupati,” jelas Sherman Moridu.

Lebih lanjut kata Sherman Moridu sebagai pemberitahuan (Poota), bahwa seorang Anas Jusuf sebagai Bupati Boalemo, dan selesai adat mopotilolo maka sudah diperkenalkan masuk kewilayah kekuasaannya untuk melaksanakan aktivitas pemerintahan, pembangunan, pelayanan, dan ekonomi, di setiap desa di wilayah kecamatan botumoito sehingga masyarakat mengetahui. (Adv).

Komentar