Kembali Raih Award, Sistem Informasi ASN Pemkot Gorontalo Diakui BKN RI

Manado, (PN) — Pemerintah Kota Gorontalo kembali mendulang penghargaan BKN Award 2023  di tingkat nasional sebagai Tipe Kota Sedang dalam Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi Dan Computer Assisted Test (CAT) di persembahkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Republik Indonesia yang diserahkan oleh Inspektur BKN  Dedy Herdi, SH, M.Si mewakili Kepala BKN RI didampingi Kepala BKN regional XI Manado Dr.  Akhmad Syauki, SH, MH di terima Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo, Drs.H. Ben Idrus, M.Pd,  mewakili Walikota Gorontalo di Kantor Regional XI BKN Manado dalam gelaran BKN Award 2023 yang bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN menjelang Pemilu 2024 diwilayah Kerja Kantor Regional XI BKN Kamis (26/10/2023).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Gorontalo, Ben Idrus dihubungi seusai kegiatan mengkonfirmasi pencapaian ini sebagai bentuk penghargaan atas upaya Pemerintah Kota dalam menyediakan layanan kepegawaian yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI-ASN) yang merupakan layanan berbasis paperless untuk mendukung manajemen ASN baik di pemerintah pusat maupun di daerah.

“Untuk Kota Gorontalo data-data terkait dengan data-data pelayanan kepegawaian di Kota Gorontalo sudah menggunakan sistem data terintegrasi” terangnya.

Untuk diketahui, pemerintah Kota Gorontalo telah menerapkan tranformasi digital dalam berbagai layanan kepegawaiannya. Menurut Ben sejauh ini sudah ada 15 layanan kepegawaian di Pemerintah Kota yang berbasis teknologi informasi yang dikemas dalam aplikasi SIMPEL ASN yang terintegrasi dengan Database BKN dengan beragam fasilitas mulai dari manajemen kepegawaian, kenaikan pangkat, dan lainnya.

“Alhamdulillah kita pemerintah kota setelah dinilai oleh BKN apa yang disebut transformasi digital itu kita sudah melaksanakan” sambungnya.

Terkait penghargaan yang diraih, Ben menuturkan BKN RI menilai Kota Gorontalo telah melaksanakan dan mendukung secara maksimal penerapan digitalisasi yang ditetapkan untuk badan kepegawaian yang telah menjadi kebijakan nasional.

“Kota Gorontalo telah berpatisipasi dan bekerja keras terutama dalam pengelolaan kepegawaian yang sekarang sudah mulai bertransformasi digital” ujarnya.

Atas keberhasilan ini,  Ben menyampailan ucapan terima kasih kepada bapak walikota dan wakil walikota yang selalu membina dan mengarahkan jajaran BKPP atas penghargaan ini, serta apresiasi, penghargaan serta ucapan terima kasih kepada seluruh pengelola kepegawaian yg ada di OPD dan seluruh Jajaran BKPP kota Gorontalo serta para pimpinan OPD yg konsisten untuk mengimplementasikan penerapan dan pemanfaatan data sistim informasi kepegawaian yang sudah terintegrasi. (Adv/IH)

Komentar