Pemkot Gorontalo Buka Ruang Konseling Hingga Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kota Gorontalo, (PN) — Pemerintah Kota Gorontalo secara gencar melakukan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan pencegahan dini terhadap penyakit.

Aktualisasi mendorong tingkat kesehatan masyarakat tidak hanya dilakukan dengan kampanye hidup sehat namun masyarakat diberi ruang melakukan konseling melalui pemeriksaan kesehatan gratis. Hal itu seperti yang dilakukan Dinas Kesehatan kota Gorontalo, berlokasi di halaman Mary Coffee, jumat 27/10/23.

Sekda Kota Ismail Madjid turut hadir mengikuti kegiatan tersebut. Ia sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan itu, terlebih melihat antusias dan tingginya animo masyarakat untuk hidup sehat.

“Pemeriksaan kesehatan yang kita lakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian PTM. Seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung pada masyarakat, terutama yang ada di kawasan jalan eks panjaitan ini” terang Ismail Madjid.

Tidak sekedar pemeriksaan, namun juga pemberian obat secara gratis akan diberikan apabila ditemukan penyakit saat pemeriksaan.

Tidak lupa Sekda mengajak warga untuk menerapkan gaya hidup CERDIK, yakni Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Gontontalo melalui Plt. Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Wahyuni Haluti mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi penyakit masyarakat secara dini dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Gorontalo

“Kita lakukan cek tekanan darah, cek gula darah sewaktu, cek kolesterol dengan indikasi dan konseling terhadap faktor risiko PTM yang sudah diketahui dari hasil pemeriksaan tersebut,” ungkapnya

Wahyuni menambahkan, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kota Gorontalo dan Kadis Kesehatan Kota sebab program ini mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Warga berusia produktif yang aktif bekerja dan sulit mengatur waktu khusus untuk melakukan cek kesehatan secara berkala ke fasilitas kesehatan, sehingga pemeriksaan kesehatan ini begitu diminati” ungkapnya

Program pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis secara rutin dan berkala dilaksanakan oleh puskesmas di setiap kecamatan dan melibatkan pemerintah kecamatan dan kelurahan.

Komentar