Bone Bolango, Daerah Lintas Sejarah Perjuangan NWB Bawa Gorontalo Merdeka

Bonebol, (PN) — Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942 yang ke-81 tahun 2023 menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadikan Kabupaten Bone Bolango sebagai tempat pelaksanaan Upacara Hari Patriotik ini.

Upacara pun berjalan khidmat yang turut dihadiri oleh Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Wakil Bupati Merlan S. Uloli, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Gorontalo, hingga para pejabat dari Kabupaten/Kota

Penjagub Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengungkapkan alasan dipilihnya Kabupaten Bone Bolango sebagai tempat pelaksanaan Upacara Hari Patriotik ke-81 tahun 2023 karena Kabupaten ini dinilai sebagai daerah lintas sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone dan para pejuang lainnya dalam membawa Gorontalo menjadi merdeka.

Lihat Juga  Pemkot Lindungi Pekerja Rentan Melalui Program BPJS Ketenagakerjaan

“Peringatan Hari Patriotik tahun ini kami buat pelaksanaannya agak berbeda dari tahun sebelumnya terutama lokasi pelaksanaan upacara yang saat ini dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango sebagai daerah lintas sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone dalam memerdekakan Provinsi Gorontalo,” ungkap Hamka.

Oleh karena itu, Hamka mengajak seluruh pihak untuk melestarikan dan mengembangkan semangat Pahlawan Nasional Nani Wartabone yang dengan gagah berani mengusir penjajah dan mengibarkan Bendera Merah Putih di bumi Gorontalo dalam penyelenggaraan pemerintahan serta dalam seluruh kehidupan sehari-hari.

“Semangat Nani Wartabone, semangat para pejuang, semangat Hari Patriotik tidak lain dan tidak bukan adalah semangat pantang menyerah, semangat untuk percaya pada kemampuan sendiri serta semangat persatuan,” ujar Hamka.

Lihat Juga  Anggota Panwaslu Diharapkan Mampu Bersikap Pro Aktif dalam Pemilu 2024

Hamka juga menuturkan peristiwa 23 Januari 1942 mempertegas Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 dimulai dari Gorontalo yang memiliki peran penting dalam merebut kemerdekaan dan kebebasannya dari penjajahan.

“Semangat kepedulian dan pantang menyerah dari Pahlawan Nasional Nani Wartabone mari terus kita gerakkan dengan semangat kepedulian dan gotong royong,” pungkas Hamka. (Adv/IH)

Komentar