Tahun Ini, Pemprov Gorontalo Bakal Rehab Museum Nani Wartabone

Bonebol, (PN) — Pemerintah Provinsi Gorontalo akan melakukan pemeliharaan Rumah Museum Nani Wartabone yang ada di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat memberikan amanat pimpinan upacara, di Halaman Bupati Bone Bolango, Senin (23/01).

“Saya ingin menyampaikan bahwa mulai Tahun ini kita akan lakukan pekerjaan pemeliharaan / rehabilitasi Rumah (Museum) Nani Wartabone,” ucap Hamka

Diketahui, pemeliharaan atau rahabilitasi rumah museum tersebut, dijelaskan Hamka bahwa Pemerintah Provinsi melalui Dinas Sosial Provinsi Gorontalo telah mengucurkan dana APBD tahun anggaran 2023 sebesar Rp. 244.730.000 yang akan dikerjakan pada tahun ini.

“Melalui APBD Tahun Anggaran 2023 pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo sebesar Rp. 244.730.000,-,” tutur Hamka

Lihat Juga  Peduli Sesama, Pemkot Gorontalo Salurkan Bansos Untuk Korban Banjir di Manado

Dengan begitu, Hamka berharap Peringatan Hari Patriotik tahun ini dibuat dalam bentuk berbeda dari tahun sebelumnya, terutama lokasi pelaksanaan upacara yang saat ini dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango sebagai daerah lintas sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone.

Terlebih, kata Hamka, pemerintah akan menggelar pameran senjata dan pemutaran film perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone bertempat dirumah museum.

“Kami berharap kedepan akan dibuat studio mini sebagai tempat pemutaran film perjuangan yang akan selalu diputar pada saat kunjungan di rumah museum dan bisa dijadikan program rutin untuk para pelajar, mahasiswa dan pemuda,” tutupnya. (IH)

Komentar