Antisipasi Bencana Alam, Polda Gorontalo Gelar Rapat Koordinasi

GORONTALO, (PN) — Polda Gorontalo, Kepala Kepolisian Daerah Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, MM bersama Pejabat Utama Polda Gorontalo dan Kapolres Jajaran menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka mengatisipasi bencana alam di Provinsi Gorontalo, Senin (06/07) di Aula Titinepo Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo melalui kesempatan ini mengatakan, bahwa saat ini Provinsi Gorontalo sering kali mengalami intensitas curah hujan yang sangat tinggi sehingga memungkinkan terjadinya bencana alam banjir maupun tanah longsor.

“Sejalan dengan hal tersebut diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari kita semua selaku pengemban fungsi tanggap bencana untuk dapat mengantisipasi setiap kejadian bencana yang timbul guna mencegah dan meminimalisir timbulnya korban serta mempersiapkan penanganan tingkat lanjut” Ujarnya.

Irjen Wiyagus juga tak lupa menyampaikan kepada para Kasatker khususnya kepada Polres jajaran untuk senantiasa tak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kondisi geografis serta melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah dalam hal ini Basarnas dan BPBD dalam hal mengantisipasi jika terjadi adanya bencana alam.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK menambahkan, Adanya fenomena alam berupa bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, menjadi atensi dari Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus dengan memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk siaga bencana.

“Bapak Kapolda telah memerintahkan seluruh jajarannya, terutama Samapta, Brimob , Polair dan juga Polres untuk memantau wilayah yang rawan bencana banjir dan tanah longsor. Selain itu, kapolda meminta agar personel dan peralatan tanggap bencana disiagakan, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan agar bisa segera digeser untuk membantu masyarakat,” ujarnya.(Rls)

Komentar