Wali Kota Gorontalo Siap Tindaklanjuti Arahan Presiden untuk .Meningkatkan Investasi Dalam Negeri

Jakarta, (PN) — Walikota Gorontalo Marten Taha siap menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan jumlah investasi dalam negeri.

Dimana, ada dua hal penting yang menjadi catatan untuk dilaksanakan setiap daerah dalam membuka iklim investasi yakni kemudahan pembebasan lahan dan pengurusan perizinan yang tidak terbelit – belit.

Dua hal penting yang ditekankan presiden itu, kata Marten, agar tidak menghambat minat investasi yang akan menanamkan modalnya diindonesia sebagiamana menjelaskan maksud dari presiden pada Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) yang digelar oleh Kementrian Investasi /Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Jakarta, Rabu (06/12).

“ Pak Presiden meminta agar dalam pembebasan lahan pengurusan, prosesnya tidak lama, apalagi sampai bertahun-tahun jangan sampai terjadi,” ujar marten menirukan pesan presiden.

Demikian pula dengan perizinan, lanjut Marten, presiden mengharapkan tidak membebani investor dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Kedua hal ini jelas marten bisa menyebabkan menjauhnya investor datang.

Arahan lainnya yang disampaikan sejumlah menteri pada diskusi panel dikatakan Marten agar seluruh daerah dapat mempercepat perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) juga Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sehingga memudahkan investor memetakan lokasi kawasan yang menjadi objek investasinya.

Disamping itu, pemberian pelayanan kepada investor dapat cepat dilayani dengan baik, karena bisa berpengaruh meningkatkan investasi daerah juga.

“Jika investasi meningkat, maka PAD akan lebih besar” kata Marten. (Rls)

Komentar