Wabup Merlan Apresiasi Kunjungan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI

BONEBOL, (PN) — Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango Dr. Merlan S. Uloli mengapresiasi kunjungan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh dan Perwakilan dari BKKBN RI melaksanakan kegiatan sosialisasi advokasi dan KIE program Bangga Kencana bersama mitra kerja di wilayah Kabupaten Bone Bolango, di RM. Miranti Indah, Tilongkabila, Rabu (17/3/2021).

Pada kesempatan itu, Wabup Merlan Uloli melaporkan bahwa kader-kader KB yang menggerakkan program bangga kencana di tingkat lini lapangan dalam hal ini PPKBD/Sub PPKBD di wilayah Bone Bolango berjumlah 726 orang.

Sementara penyuluh KB-nya yang PNS 32 orang dan petugas lapangan KB yang non PNS berjumlah 22 orang.”Mereka ini bekerja tersebar di 165 desa/kelurahan yang berhadapan langsung dengan kurang lebih 170 ribu jiwa dan 47.694 ribu keluarga,”ujar Merlan.

Dengan kondisi wilayah yang sangat luas, kata Merlan, tentu Pemkab Bone Bolango masih membutuhkan penambahan tenaga penyuluh KB PNS dan Non PNS, terutama desa-desa yang terpencil terutama fasilitas-fasilitas pelayanan lainnya.

“Kami melihat keberadaan kader-kader KB desa/kelurahan hingga di tingkat dusun/lingkungan, bukan hanya untuk pengendalian kependudukan, tetapi juga memiliki tujuan besar untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga di tingkat di desa dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas, yang sehat, yang bahagia, dan sejahtera,”jelas Wabup Merlan.

Merlan menambahkan apa yang dikerjakan oleh kader KB sangat strategis bagi masa depan bangsa dan negara. Apalagi dengan tugas baru BKKBN dalam penurunan angka stunting yang saat ini mencapai 27,6 % menjadi 14 % pada tahun 2024.

“Saya optimis bahwa dengan kerja keras petugas penyuluh KB dan kader KB mampu mencapai hal itu, oleh karena itu menurut kami bahwa sangat tepat program Bangga Kencana memfokuskan sasaran programnya pada keluarga,”ujar Merlan.

Sebab menurut Merlan bahwa keluarga adalah merupakan madrasah yang kemudian mejadi keluarga sebagai tiang negara. jika setiap keluarga sadar akan pentingnya peranan keluarga, maka kehidupan seluruh anggota keluarga akan berkualitas dan dengan sendirinya Indonesia akan berkualitas dan sejahtera.(Adv/IH)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar