Rapat Virtual Bersama Jokowi, Marten Sampaikan 3 Hal Penting Arahan Presiden RI

KOTA GORONTALO, (PN) — Walikota Gorontalo mengikuti Rapat Virtual yang di adakan langsung Presiden RI, Joko Widodo terkait arahan Presiden RI.

Pada rapat tersebut, turut dihadiri Gubernur, Kapolda, Pangdam, Bupati dan Walikota se Indonesia serta para anggota Kabinet terkait dalam hal ini Mendagri dan Menkes. Kamis (16/12)

Walikota Marten Taha mengungkapkan ada hal penting dalam arahan yang di paparkan Presiden Jokowi saat rapat itu. Sehingga mendadak mengundang seluruh Gubernur, Bupati, Walikota, Pangdam dan Kapolda seluruh Indonesia untuk menyampaikan arahannya tersebut.

“Tadi beliau menghantarkan sebelum mengarahkan dan memberikan atensi terhadap hal penting beliau mengatakan bahwa sekarang Varian Omicrone sudah masuk di Indonesia. Varian ini sejenis Covid-19 yang penyebarannya sangat cepat. Lima kali lipat dari varian-varian sebelumnya. Jadi begitu pentingnya,”terang Marten

Pada arahan pertama, Marten menjelaskan, Presiden meminta untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di semua tempat kegiatan masyarakat, terutama tempat-tempat yang di anggap menimbulkan berpotensi kerumunan masyarakat.

“Terutama Presiden menekankan protokol kesehatan ini untuk memakai masker, jadi saya kira pemakaian masker ini sangat penting, jangan kita pandang remeh tentang masker ini untuk menjaga kesehatan agar penularan itu tidak jatuh ke kita,”jelas Marten

Berikutnya, kata Marten, Presiden meminta Testing, Tracing dan Treatment (3T) ini adalah upaya pemerintah dalam rangka untuk mendeteksi adanya penularan di masyarakat.

“Kita di minta memakai standart WHO dan itu kita lakukan agar kita dapat mendeteksi adanya varian-varian baru tersebut,”ucapnya

Selain itu, lanjut Marten, Presiden meminta percepatan vaksinasi harus terus di galakan, masih ada 16 Provinsi yang masih di bawah 70% dosis pertama. Namun saat ini Kota Gorontalo sudah di atas 75% bahkan sudah di angka 76,13%.

“Memang kalau di Provinsi kita baru 68% masih di bawah 70%, tapi khusus di kota Gorontalo kita sudah di atas 75%, jadi sebenarnya dari percepatan vaksinasi kota Gorontalo sudah tertinggi secara rata-rata Nasional maupun Provinsi,”tandasnya

Namun demikian, tambahnya, pemerintah Kota Gorontalo tetap gencar untuk melaksanakan vaksinasi di berbagai kelurahan yang di koordinasikan oleh kecamatan atau Polsek, Koramil, Babinsa, dan Babinkamtibmas. (IH)

Komentar