Marten Taha: Pramuka Wadah Pembentukan Fisik, Mental dan Karakter Pelajar

Kota Gorontalo, (PN) — Senin (14/08/2023) menjadi momen penting bagi Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Gorontalo. Karena Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Gorontalo andil, pada hari peringatan Pramuka ke 62 dan 111 tahun gerakan kepanduan di bumi Indonesia, dengan menggelar berbagai kegiatan.

Saat membuka kegiatan perkemahan Kota Gorontalo di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Gorontalo, Wali Kota Gorontalo jelaskan bahwa Pramuka adalah wadah membentuk fisik, mental dan karakter pelajar. Dan pada momen sakral 62 tahun Pramuka dan 111 Kepanduan, Ia berharap gerakan Pramuka terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk pembentukan karakter calon-calon pemimpin masa depan.

“Pramuka adalah wadah pembentukan fisik, mental dan karakter pelajar yang siap menjadi pemimpin dimasa akan datang. Kegiatan yang mengusung tema Pramuka Mengabdi Bangun Tengguhan Bangsa, menunjukkan semangat bahwa gerakan Pramuka adalah generasi tangguh yang mengabdi kepada bangsa. Serta paham dan cinta rupiah, sebagai simbol pemersatu bangsa. Selain itu, Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai kerbersamaan dan kerjasama,” ujarnya.

Wali Kota Gorontalo tambahkan lagi, bahwa pembentukan wawasan kebangsaan sangat penting di Pramuka. Hal itu akan lebih memperkuat nilai-nilai kebangsaan, khususnya pada setiap anggota Pramuka. Apalagi sekarang ini, seluruh masyarakat di Kota Gorontalo khususnya pelajar akan diperhadapkan dengan tahun politik, sehingga persatuan dan kesatuan di gerakan Pramuka harus tetap dijaga dan solid. 

“Pendidikan wawasan kebangsaan sangat penting di Pramuka, guna memperkuat nilai-nilai kebangsaan anggota Pramuka agar tidak lunrut. Apalagi sekarang sudah masuk tahun politik, sehingga Pramuka harus tetap solid. Pramuka juga adalah sebuah pendidikan kepanduan yang sangat dikenal dunia. Dan tujuan utamanya adalah membentuk kepribadian yang tangguh, mandiri dan bertanggungjawab,” pungkasnya.

Komentar