Marten: Penggunaan Media Sosial Harus Dibarengi Literasi Digital

Kota Gorontalo, (PN) — Media sosial belakangan tidak sekedar menjadi sarana komunikasi namun turut mempengaruhi tingkah laku dan tindakan manusia. seiring perkembangan digitalisasi, penggunakan media sosial melalui berbagai platform terus bermunculan. disini dibutuhkan kemampuan literasi untuk menyikapi konten yang menyesatkan.

pemanfaatan media sosial yang tidak sesuai dengan norma dan kaidah itu perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan dilingkungan sekolah. hal itu menjadi konsen Walikota Gorontalo Marten Taha dalam menyikapi maraknya penggunaan media sosial di tengah perkembangan digitalisasi.

“ Saat ini kita mengalami perubahaan besar yaitu tranformasi digital. tentunya keberadaan media sosial dalam kehidupan sangatlah penting. olehnya perubahan yang sangat cepat ini harus kita imbangi dengan pengetahuan tentang literasi Digital itu sendiri sehingga kita bisa mengatasi Pengaruh-pengaruh negative didalam menggunakan media social di era digital saat ini ” ucap Walikota saat membuka Webinar Pengaruh Media Sosial Dalam Era Digitalisasi, Kamis 15/6/23.

menurut Marten transformasi digitalisasi telah merasuki semua bidang kehidupan manusia tanpa terkecuali. perubahan besar dapat dilihat dari alat yang digunakan seperti jam tangan cerdas sampai asisten rumah tangga berkemampuan kecerdasan buatan. Olehnya ia berpendapat bawa kunci dari pendekatan masa kini untuk pembangunan suatu peradaban adalah teknologi.

dikesempatan itu Marten pula turut menyampaikan apa yang menjadi Arahan Presiden RI dalam melaksanakan transformasi digital dalam Pengelolaan layanan public pemerintahan.

“ ada 5 arahan presiden terkait trasnformasi digital. pertama perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, kedua persiapkan betul roadmap transportasi digital di sektor-sektor strategis, ketiga percepat integrasi pusat data nasional. kemudian yang keempat menyiapkan kebutuhan SDM dan terakhir siapkan regulasi skema-skema pendanaan serta pembiayaan transformasi digital segera disiapkan secepat-cepatnya,” ujar marten.

Dikota gorontalo implementasi terkait intruksi tersebut perlahan mulai dilaksanakan. melalui dinas kominfo telah membangun layanan public berbasis digital yaitu satu portal informasi GO MT.

diakhir paparan marten mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas terselenggarakan kegiatan webinar tersebut “ Saya atas nama Pemerintah Kota Gorontalo menyampaikan apresiasi setinggi tingginya terhadap kegiatan webinar yang bertajuk transformasi digital. semoga edukasi serta sosialisasi seperti ini bisa menambah pengetahuan kita dalam menggunakan media sosial baik dan benar. terima kasih atas kerjasama universitas Islam bandung (UNISBA) pada Webinar kali ini,” kata marten.

Komentar