Event Festival Kota Tua Ajang Pelestarian Budaya Gorontalo

Kota Gorontalo, (PN) — Pemerintah Kota Gorontalo yang berkolaborasi dengan perwakilan bank indonesia di gorontalo bersama pemerintah Provinsi Gorontalo akan  menyelenggarakan Festival Kota Tua yang mengangkat tema “warisan sang waktu”

Langkah awal penyelenggaraan event Festival Kota tua, pemerintah kota gorontalo melaksanakan rapat koordinasi bersama semua OPD terkait. Rapat Koordinasi ini di pimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid.

“Kegiatan rapat untuk persiapan penyelenggaraan Festival Kota Tua dengan persiapan yang hampir satu bulan ini terus kita matangkan perencanaannya, agar bisa berjalan sesuai dengan harapan,” ujar Ismail Madjid.Selasa (19/09/2023) yang bertempat di aula kantor wali Kota Gorontalo

Ia juga mengatakan, festival Kota Tua tidak hanya diharapkan meningkatkan kepariwisataan, namun juga peningkatan perekonomian masyarakat bahkan memberikan ruang bagi pelaku seni,budaya,fashion,serta warga setempat untuk menampilkan karya terbaiknya

“Penyelenggaraan festival Kota tua nanti, tentu diharapkan antusias dari masyarakat untuk menikmati pagelaran ini dan bisa menambah perekomomian di lokasi kegiatan tersebut” jelasnya.

Tidak hanya itu Festival Kota tua sebagai upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif yang ada di Kota Gorontalo, karena beberapa pameran umkm akan di adakan pada kegiatan tersebut

“Adanya event pariwisata ekonomi kreatif ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian, khusunya bagi pelaku-pelaku UMKM baik di Kota Gorontalo maupun di luar Kota Gorontalo. Untuk itu, juga diharapkan promosi lewat media sosial juga dapat dimaksimalkan sehingga event ini dapat mendatangkan para wisatawan baik nasional sampai internasional” Ujar sekda

Untuk event Festival Kota Tua ini rencananya akan di gelar pada tanggal 8 hingga 11 November 2023 mendatang, yang beberapa rangkaian kegiatan,mulai dari pagelaran seni lokal gorontalo, pameran umkm, bahkan ada Kota Tua light Run 5k yang pertama kali di gelar di indonesia.

tidak sampai di situ saja, beberapa pemeran barang antik, pameran koleksi foto jaman dahulu,serta beberapa lomba yang di hadirkan untuk kemeriahan event tersebut.

“Budaya lokal yang akan ditampilkan berupa parade tari gorontalo, juga lebih menarik lagi akan ada pementasan keragaman keagamaaan di sekitar kota tua tersebut.

Komentar