Beasiswa Diperuntukan Untuk Oknum Instansi atau Orang Kurang Mampu dan Berprestasi?

GORONTALO, (PN) — Kita tau bersama bahwa tujuan beasiswa pendidikan selain membantu meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia beasiswa pun dapat membantu meringankan beban biaya kuliah mahasiswa.

Presiden BEM STIMIK, Wahyu Mayang mngatakan bantuan beasiswa pemerintah Kabupaten Boalemo telah di buka tahun 2023 tentu ini menjadi kesempatan untuk mahasiswa boalemo yang mana stimulant ini di peruntukan kepada mahasiswa yang kekurangan finansial dan memiliki prestasi.

Beberapa tahun sebelumnya pun, lanjut Wahyu,  Pemkab Boalemo membuka beasiswa ini, hanya saja saat itu terkesan ada keberpihakan, karena di duga beberapa oknum pejabat daerah seperti kepala bidang pemuda dikbudpora dan ASN kabupaten boalemo itu masuk dalam penerima beasiswa.

Padahal beasiswa ini di peruntukan kepada mereka yang kurang mampu dan itu jelas telah di atur dalam peraturan bupati boalemo nomor 102 tahun 2019 tentang pemberian bantuan studi pendidikan.

“Di tahun ini dengan di buka kembali beasiswa Boalemo tentu masih menjadi pertanyaan, apakah akan terjadi hal serupa atau justru hal lain yang lebih merugikan, tentunya itu akan menjadi catatan buruk,” ujar Wahyu

Apalagi, kata Wahyu, dengan adanya survei ekonomi nasional dalam indeks kedalaman kemiskinan dan indeks keparahan kemiskinan di kabupaten boalemo sejak tahun 2014 hingga 2022 itu terus bertambah.

“Ini menggambarkan bahwa beasiswa kurang mampu sangat di perlukan karena dapat mengurangi beban biaya perkuliahan mahasiswa,”

Maka Ia menilai, terlalu naif ketika masih ada pejabat yang mengharapkan kuota penerima beasiswa. “Sudah pejabat, di gaji oleh rakyat, seharusnya bekerja agar dapat menurunkan angka kemiskinan bukan malah masuk dan menyamar sebagai orang miskin biar lolos sebagai penerima beasiswa,,”

“Sebagai penutup saya dan kawan kawan mahasiswa boalemo akan melakukan langkah langkah strategis sehingga beaisiswa ini dapat tersalurkan kepada orang yang tepat,” tandasnya. (IH)

Komentar