Alokasi Program Kementerian, Marten Taha: Rusun dan Rusus Masih Sangat di Butuhkan Pemkot Gorontalo

KOTA GORONTALO, (PN) — Alokasi program rumah khusus dan rumah susun dari Kementerian PUPR RI ini kedepan masih sangat di butuhkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan Walikota Gorontalo Marten Taha saat menyambut kunjungan kerja dari Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI, Khalawi Abdul Hamid di Kota Gorontalo.

Pada kunjungan kerja kali ini dalam rangka peresmian pembangunan Rusunawa MBR di Kelurahan Buliide, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Sabtu (02/10)

Saat sambutannya, Marten menjelaskan jumlah unit rumah di Kota Gorontalo saat ini ada 41.774 unit dan jumlah kepala keluarga itu 63.315 KK. Sehingga perolehan jumlah Kota Gorontalo sebanyak 91.541 unit.

“Nah meruju pada data itu dapat disimpulkan bahwa tidak semua kepala keluarga yang di Kota Gorontalo ini dapat memenuhi kebutuhan akan rumah huni yang layak,”ucap Marten

“Terutama di sektor-sektor informal yang belum dapat mengakses kepemilikan rumah hunian yang di bangun oleh developer meskipun dengan skema subsidi,”sambung Marten

Walaupun ini berskema subsidi, akan tetapi kata Marten, penghasilan masyarakat belum sebanding dengan jumlah yang menjadi tanggung jawab di setiap bulan. Sehingga belum banyak orang yang dapat mengakses hunian tersebut.

“Di Kota Gorontalo ini ada 50 unit rumah khusus dan 1 unit rumah susun ini yang alhamdulillah benar-benar termanfaatkan dengan baik,”jelasnya

Namun ketersedian rusun dan rusus tersebut, Walikota Gorontalo menambahkan bahwa belum dapat mengakomodir kebutuhan hunian layak kepada masyarakat berpenghasilan rendah itu. (IH)

Laporan : Imran Husain

Komentar