Usulan Pra Musrenbang Diharapkan dapat Tercapai Untuk Kebutuhan Masyarakat

KOTA GORONTALO, (PN) — Usulan dari kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 diharapkan dapat tercapai untuk kebutuhan masyarakat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Gorontalo, Ismail Madjid saat membuka Pra Musrenbang RKPD Tahun 2024, Senin (13/03).

“Saya sangat berharap usulan-usulan tersebut bukan hanya keinginan individu-individu tertentu untuk menghasilkan kegiatan tertentu, melainkan usulan-usulan tersebut benar-benar merupakan kebutuhan masyarakat,” tutur Sekda Ismail

Ismail menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pra musrenbang dilakukan fokus terhadap penajaman prioritas program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Dimana, kata Sekda, hal ini penting dilakukan karena pelaksanaan pembangunan yang baik, haruslah dimulai dari perencanaan yang baik pula. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan, maka diharapkan akan semakin tinggi pula keberhasilan pembangunan yang dapat dicapai.

Lihat Juga  Demo Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Tuntut Transparansi Perkara Emas 40 Kg dan Video Kapolda

Sementara, salah satu kebijakan Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2024 yaitu pengalokasian anggaran sebesar 200 juta per kelurahan, dimana pemanfaatannya untuk membiayai program pembangunan dan program pemberdayaan, sesuai dengan skala prioritas di masing – masing kelurahan.

Meskipun, anggaran pembangunan yang dialokasikan APBD kota Gorontalo sangat terbatas, namun dirinya berharap dapat disinergikan dengan berbagai program dari sumber dana lain.

“Salah satu upaya ini bertujuan untuk memberikan kepastian anggaran bagi usulan – usulan yang berasal dari masyarakat, agar dapat dialokasikan dalam tahun perencanaan,” jelasnya

“Walaupun masih dalam porsi yang kecil, namun saya mengharapkan melalui pengalokasian pagu indikatif ini dapat termotivasi lagi untuk dalam lebih berpartisipasi APBD melalui musrenbang,” pungkasnya. (IH)

Komentar