Tingkatkan Sinergitas, Basarnas Gorontalo Gelar Rakor Search and Rescue 2022

Kota Gorontalo, (PN) — Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi Search and Rescue (SAR) daerah tahun 2022, bertempat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo. Senin, (28/03)

Rapat koordinasi yang dibuka langsung Wakil Gubernur Gorontalo ini, untuk meningkatkan koordinasi baik antar potensi SAR dan instansi serta pemangku kepentingan lainnya.

Wagub Idris Rahim dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunci keberhasilan operasi SAR terletak pada hubungan yang baik dan harmonis antara Basarnas, TNI, Polri, pemerintah daerah, masyarakat maupun organisasi potensi SAR.

Sebab menurutnya, operasi SAR akan berhasil jika didukung oleh perencanaan yang cermat dan komprehensif dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2017 tentang pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan.

“Provinsi Gorontalo merupakan salah satu wilayah yang luas lautan lebih luas dari daratannya. Tentunya ini merupakan tantangan tersendiri bagi seluruh insan yang mengabdi pada tugas kemanusiaan utamanya dalam penyediaan sarana dan prasarana yang memadai,”ujarnya

Oleh karena itu, Wagub dua periode itu berharap acara ini tidak hanya bersifat seremoni, namun dapat melahirkan rekomendasi yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Pekerjaan rumah kita masih banyak jangan berhenti berlatih karena bencana akan membuat semua yang sudah dibangun akan rusak dan membahayakan manusia,”

“Antisipasi kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi. Biasanya kita yang di Gorontalo ini baru menyediakan payung padahal sudah tiga hari air sudah naik di dalam rumah kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi SAR, Brigjen TNI Wurjanto, menjelaskan Rakor ini merupakan program tahunan untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI, salah satunya untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi.

“Tugas SAR ini sebenarnya menjadi tugas kita semua. Hanya saja secara khusus, lembaga yang andilnya penuh di bidang itu adalah Basarnas,” jelas Wurjanto.

Komentar