Tekad Pemkot Gorontalo, Tingkatkan Kinerja Apartur Pemerintah di Sistem Pengelolaan Keuangan

MANADO, (PN) — Meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dalam sistem kepemerintahan yang jujur, bersih dan baik. Ini sudah menjadi tekad pemerintah kota Gorontalo dalam melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan salah satu unsur yang paling penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah adalah sistem atau cara pengelolaan keuangan daerah secara berdaya guna dan berhasil guna.

“Untuk menjalankan sistem pengelolaan keuangan daerah yang berdaya guna dan berhasil guna ini diperlukan dukungan sumber daya manusia yang memadai dan menguasai teknis penatausahaan keuangan,”jelas Marten saat Bimtek Penatausahaan keuangan Daerah berbasis Aplikasi SIPD sesuai permendagri no 77 Tahun 2020 kepada PPK SKPD dan Bendahara Pengeluaran. Rabu (10/11)

Dilingkungan pemerintah kota Gorontalo, tenaga administrasi pengelola keuangan, menurut Marten, masih perlu ditingkatkan. Sehingga ada pemerataan pengetahuan dan pemahaman yang seragam dalam menjalankan sistem administrasi keuangan.

Berdasarkan hal inilah dan untuk memahami secara rinci ketentuan permendagri nomor 77 tahun 2020 serta untuk memitigasi dan pada dasarnya tujuan pengelolaan keuangan daerah keuangan daerah keinginan secara perundang-undangan, untuk tertib, mengelola pada adalah taat efisiensi, peraturan ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan azas kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

Olehnya, Walikota Gorontalo menjelaskan pengelolaan keuangan daerah perlu diselenggarakan secara profesional dan memenuhi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik.

“Pengelolaan keuangan daerah yang baik antara keadilan, lain yang harus berorientasi pada proporsionalitas, menganut prinsip hasil, dan akuntabilitas profesionalitas, keterbukaan dalam pengelolaan keuangan daerah untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dituntut sumber daya manusia yang berkompeten di bidang pengelolaan keuangan (perbendaharaan),”terangnya

Pemerintahan yang bersih dan baik juga, tambahnya, menuntut para pengelola keuangan daerah untuk dapat bekerja sesuai semakin kritis dan transparan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

“Peningkatan sangat diperlukan, termasuk peningkatan kualitas dan profesionalitas para pengelola keuangan. Seperti yang kita ketahui bahwa para pengelola keuangan memiliki peranan yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan daerah, terutama dalam mendukung dan mewujudkan pemerintahan dengan tuntutan masyarakat yang untuk profesionalisme itu,”pungkas Walikota Gorontalo. (IH)

Komentar