SMA Wirabakti Gorontalo Siap Berperan dalam Pemilu 2024 Mendatang

Bonebol, (PN) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango belum lama ini telah menetapkan untuk bekerjasama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) Wira Bhakti Gorontalo. Penetapan ini, dalam rangka penempatan lokasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang, Selasa (10/01).

Dimana, pelaksanaan ini bertujuan demi meningkatkan kesadaran politik dan pemahaman masayarakat terhadap Pemilu dan demokrasi dalam melakukan pendidikan berbasis pemilih perempuan dan pemilih muda.

Sejalan dengan pelaksanan tersebut, Kepala Sekolah SMA Wirabakti Gorontalo, Marwan Potale menyampaikan pihak sekolah menyambut baik dan mengapresiasi kepada KPU Bone Bolango yang telah memberikan kepercayaan penuh dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 di tingkat sekolah.

“Dalam hal ini, kami sangat apresiasi apa yang telah dilakukan KPU Kabupaten Bone Bolango yang telah memberikan kepada kami kepercayaan untuk dapat dijadikan tempat pelaksanaan Pemilu tahun 2024 nanti,” ucap Marwan

Marwan menjelaskan, peran pelajar tidak hanya sekedar menjadi pemilih, namun mereka mampu mengkritisi mengenai pemilu, bukan berarti pemahaman mereka tidak hanya sekadar untuk memilih tetapi mereka juga memiliki pemahaman lebih khusus mengenai pemilu 2024.

Dengan keikutsertaan pelajar dalam pemilu 2024 mendatang, Marwan mengharapkan agar dampak positif terhadap antusias pelajar yang akan ikut serta dalam pemilu nanti.

Sebab, kata dia, hal ini merupakan sebuah bentuk dari pembelajaran kewarganegaraan yang ada dalam kurikulum pendidikan itu sendiri, memberi penyuluhan untuk ketentuan dan juga pemahaman pelajar yang lebih mendalam tentang pemilu 2024.

“Saya berharap dapat meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi pelajar serta Partisipasi dalam Pemilu serentak 2024 natinya, serta tetap berjalan dengan aman, nyaman dan tertram,” tutupnya

Sebagai informasi, SMA Wirabakti Gorontalo telah mengirimkan data murid kepada KPU Bone Bolango yakni, yang terdata saat ini ada sebanyak 330 siswa murid, yang terdiri dari Kelas 10 sebanyak 106, Kelas 11 ada 104, dan Kelas 12 ada sebanyak 120. (IH)

Komentar