Sinergitas Pemkot – TNI AL, Wujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih di Bantaran Sungai

Kota Gorontalo, (PN) — Pemerintah Kota Gorontalo berkolaborasi dengan TNI AL mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di sekitar wilayah Bantaran Sungai Bone, Padebuolo, Kota Timur. Selasa (05/09/2023) Program yang diusung dalam rangka hari ulang tahun ke-78 TNI AL ini dilaksanakan secara serentak di 78 titik wilayah di Indonesia.

“Program kali bersih itu tujuannya yang pasti kita memberikan edukasi, sosialisasi pentingnya akan kebersihan di kali atau sungai. Ini merupakan bagian dari kampanye kebersihan dari Angkatan Laut,” kata Ryan ditemui seusai kegiatan.

“Kami selaku pemerintah setempat menggugah masyarakat baik masyarakat sekitar maupun masyarakat pada umumnya bersama-sama pada intinya adalah menjaga lingkungan khususnya menjaga sungai yang bersih” sambung Ryan

Program Kali Bersih (Prokasih) dimulai dari pukul 07.30 dengan rangkaian bersih-bersih kemudian dilanjutkan dengan video conference (vidcon) bersama Kepala staf TNI Angakatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali  S.E., M.M., M.Tr.Opsla bersama dengan kementrian terkait.

Ryan yang juga turut hadir pada vidcon tersebut menambahkan bahwa sejatinya program ini adalah sinergitas bersama antara pemangku jabatan didaerah dan masyarakat.

“Jadi intinya kolaborasi tadi ada yang dari LPM, ada dari forkopimda, ada juga kami dari pemerintah daerah dan semuanya. Niat melakukannya secara bersama-sama. Juga ada dari komunitas kan yang itu saya rasa juga penting”. Sambung Ryan.

Meskipun jumlah armada yang diturunkan dalam kegiatan ini masih terbatas, namun Ryan berharap masalah kebersihan lingkungan akan menjadi bahan perhatian seluruh pihak.

“Untuk jumlah armada kita masih sangat terbatas, tapi masalah sampah ini masalah kita bersama. Kami pemerintah pasti akan berupaya semaksimal mungkin. Namun demikian dukungan  stakeholder tentu akan sangat membantu mewujudkan kota yang bersih, karena kota ini merupakan rumah bersama kita ” pungkas Ryan.

Komentar