Pemkab Pohuwato Gandeng BPU UNG Gelar Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa

GORONTALO, (PN) — Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menggandeng Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Gorontalo menyelenggarakan Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa, bagi kepala desa dan pengurus Badan Usaha Milik Desa di 55 desa di Kabupaten Pohuwato yang digelar pada Kamis, (22/7) di Ballroom Hotel TC Damhil UNG.

Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa akan digelar selama 5 hari sampai dengan 27 Juli mendatang, dengan materi penggunaan aplikasi OpenBumdes, dan penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes).

Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., dalam sambutannya mengatakan Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa yang digelar oleh Pemkab Pohuwato dan BPU UNG, merupakan wujud nyata dari implementasi terkait penguatan kapasitas desa yang menjadi program unggulan dari UNG.

“Kegiatan ini juga merupakan pendampingan tahap awal untuk menunjang kemajuan Bumdes di Kabupaten Pohuwato. Bumdes harus menjadi salah satu pionir penting untuk menuju desa mandiri”, ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato Nasir Giasi, S.Pd., M.Si., mengatakan untuk meningkatkan ekonomi daerah bukan hanya tugas pemerintah saja, peran Bumdes juga sangat diperlukan.

“Sehingga dengan peningkatan kapasitas ini, Bumdes harus berperan untuk menyumbangkan peningkatan ekonomi di masing-masing desa”, ungkapnya.

Nasir berharap, melalui Pelatihan Sistem Tata Kelola Desa akan lebih meningkatkan kualitas pengelolaan Bumdes secara lebih modern. (Adv)

Komentar