Melalui Seminar, Pemkab Wujudkan Tahura di Kabupaten Gorontalo

Kota Gorontalo, (PN) — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dalam meningkatkan fungsi hutan produksi terbatas menjadi Taman Hutan Raya (TAHURA) sudah terwujud. Terbukti, Pemkab Gorontalo menggelar Seminar Tata Kelola Tahura Gorontalo Menuju Keseimbangan Global “Dari Gorontalo Untuk Dunia” yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (08/11).

“Terkait usulan Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk Tabura ini, alhamdulillah kita segera menindaklanjutinya melalui berbagai kegiatan salah satunya seminar yang diselenggarakan hari ini,” ujar Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo saat diwawancarai awak media.

Sebab, hadirnya Tabura bagi Gorontalo ini, kata Nelson terbilang masih baru, sehingga mimpi ini tidak sekedar mimpi. Namun, harus diwujudkan dengan baik.

Apalagi, dalam seminar ini, lanjut Bupati dua periode ini bahwa banyak hal yang telah dibahas, yakni dari sisi tim kerja, kolaborasi semua pihak, dan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam mewujudkan Tahura di Kabupaten Gorontalo.

“Karena memang di Kabupaten Gorontalo sudah melakukan tahapan-tahapan itu, melalui dukungan dari pemerintah pusat, maka ini sangat luar biasa bagi kami,”

“Sehingga ini menjadi komitmen bagi kita tidak hanya Kabupaten tapi Provinsi bahkan juga dari BKSDA Sulawesi Utara – Gorontalo dan juga stakeholder lainnya yang selama ini berkolaborasi dengan baik,” tandas Bupati.

Sebagaimana diketahui, perubahan fungsi dari HPT Boliyohuto menjadi Taman Hutan Raya 6.208 Ha, dari sekitar 10 ribu Ha total HPT keseluruhan. (IH)

Komentar