Maksimalkan Persiapan Pengawasan DPT dan DPTb Pemilu 2024, Bawaslu Bonebol Gelar Rakernis

BONEBOL, (PN) — Dalam rangka pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilihan Umum serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Bone Bolango melakasanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Persiapan Pengawasan Penyusunan DPT dan DPTb Pemilu 2024, Minggu (16/04).

Ketua Bawaslu Bone Bolango, Fahri Kaluku saat membuka kegiatan itu menjelaskan, Rakernis ini penting dilakukan untuk memberikan peningkatan kapasitas pengawas dan penyamaan persepsi antar Bawaslu Kabupaten Bone Bolango dan Pengawas Ad Hoc, khususnya pada sub tahapan pengumuman Daftar Pemilih Sementara pada tanggal 12 April 2023 – 25 April 2023.

Selain itu, lanjut Fahri, dengan adanya Rapat Kerja teknis ini juga dapat memberikan panduan pengerjaan atau pengisian alat kerja untuk Pengawas Kelurahan/Desa dan alat kerja untuk Pengawas kecamatan.

“Hal ini dilakukan demi mewujudkan pemilu yang demokratis dan menjaga hak – hak setiap warga negara dalam pemilu dibutuhkan pengawas pemilu yang memiliki pemahaman serta kecakapan dalam hal pengawasan pemilu,” ujar Fahri

Terlebih, dijelaskan Fahri, Undang – undang telah mengamanahkan kegiatan pengawasan pemilu kepada Bawaslu.

Untuk itu, kegiatan ini sangat diperlukan, agar kedepan persiapan pengawasan penyusunan DPT dan DPTb Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman terkait teknis dalam tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu 2024, serta penguatan kemampuan pengawas yang terampil dan sesuai perundang – undangan yang berlaku,” tandasnya. (IH)

Komentar