Kedapatan Tidak Gunakan Masker, Aparat Gabungan Kota Timur Lakukan Tes Rapid Antigen Ke Masyarakat di Lokasi Pasar Moodu

GORONTALO, (PN) – Polda Gorontalo, Masyarakat yang tak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah diberi peringatan. Bagi yang tidak menggunakan masker, dilakukan tes Swab antigen ditempat. Hal itu dilakukan petugas di Pasar Moodu, Kecamatan Kota Timur, senin (9/8/2021).

Sejumlah pengunjung di Pasar yang tak memakai masker langsung dilakukan tes Swab Antigen oleh petugas medis. Tes Swab Antigen itu dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) yang digelar petugas gabungan TNI/Polri, Sat Pol-PP dan Dinas Kesehatan.

“Sebanyak lima warga yang diambil sampel tes swab antigen dan hasilnya negatif,” ungkap Kapolsek Kota Timur Ipda M. Ibnu Katsir Rizka, S.Tr.K

Dirinya mengatakan, pada kesempatan itu, mereka juga diberikan edukasi dan pemahaman agar selalu menerapkan protokol kesehatan(Prokes) budaya 5 M, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjahui kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

“Swab antigen di tempat diharapkan dapat mendisiplinkan masyarakat agar patuh terhadap Prokes. Sebab saat ini masyarakat yang terkonfirmasi Positif mengalami peningkatan,” terangny.

Tes swab antigen dipilih untuk memeriksa warga tak bermasker sebab proses pembacaan hasil pemeriksaan spesimen lebih cepat. Warga yang telah dites diminta untuk menunggu hasil pemeriksaan. Apabila hasil tes menunjukan reaktif, maka akan ditangani lebih lanjut.

Terbukti dari 13 orang yang dilakukan tes Swab Antigen, terdapat 10 orang yang mendapatkan hasil negatif dan 3 orang mendapatkan hasil positif.(Adv/IH)

Komentar