Hadiri Musrembang Popayato Barat, Bupati Saipul Mbuinga harus Menjabarkan Visi SMS

Pohuwato, (PN) –– Bupati Pohuwato Saipul A, Mbuinga membuka langsung musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 tingkat kecamatan telah di mulai, yang di awali dari Kecamatan Popayato Barat dan Kecamatan Popayato. Selasa,(14/02/23).

Untuk pelaksanaan musrenbang di kecamatan popayato barat berlangsung di kantor camat dan di hadiri langsung oleh anggota DPRD Pohuwato, pimpinan OPD, unsur pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan tim ahli pendamping desa.

Bupati Pohuwato menyampaikan tentang Pelaksanaan Musrenbang itu sebagai perwujudan pelaksanaan amanah undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan keterlibatan stakeholder dengan berbagai kebutuhan prioritas, rencana dan kepentingan masing-masing.

Lanjut Bupati, melalui Musrenbang Kita dapat membicarakan secara formal rencana-rencana prioritas pembangunan dan menyesuaikan kemampuan anggaran serta prioritas-prioritas yang akan dilaksanakan oleh pemerintah.

“Hasil-Hasil kesepakatan Musrenbang akan digunakan untuk menyempurnakan RKPD tahun 2024 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan, sebagai landasan penyusunan RAPBD tahun 2024. dan dalam penyusunan RKPD kabupaten Pohuwato tahun 2024, salah satu tahapan yang harus di lalui adalah musyawarah perencanaan pembangunan tingkat yang di laksanakan saat ini,” kata Bupati Saipul.

Lanjutnya, “Ia, tentu sebelum Musrenbang kecamatan terlebih dahulu dilaksanakan Musrenbang tingkat desa/ kelurahan untuk menentukan usulan prioritas dari masing desa/kelurahan. RKPD tahun 2021 di susun berdasarkan visi misi bupati dan wakil bupati yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten Pohuwato Tahun 2001-2026 yaitu sehat, maju dan sejahtera (SMS) dengan 9 agenda prioritas daerah”,jelas Bupati Saipul.

Terakhir, dengan dilaksanakan kegiatan musrenbang kecamatan, Bupati Saipul Mbuinga berharap agar perangkat daerah lingkup pemerintah kabupaten pohuwato segera membuat rancangan Rencana Kerja (Renja) usulan prioritas yang masuk.

Selanjutnya rencana kerja perangkat daerah akan diangkat dan didiskusikan pada musrenbang tingkat kabupaten pohuwato yang rencananya dilaksanakan minggu ketiga bulan Maret 2023. (Adv/Alsab Mahmud)

Komentar