Kunker ke Pohuwato, Marten Berbagi Tips untuk Sejahterakan Rakyat

POHUWATO, (PN) — Walikota Gorontalo Marten Taha berbagi tips untuk mensejahterakan masyarakat lewat program yang rintisnya gratis lahir sampai mati. Tidak hanya bagi warga kota Gorontalo, namun dapat mendorong perekonomian masyarakat diprovinsi Gorontalo.

“Sebagai ibukota provinsi Gorontalo, tentu kami merasa terpanggil untuk memajukan perekonomian dan pembangunan di daerah” ucap marten saat kunjungan kerja Pemerintah Kota Gorontalo di kabupaten pohuwato, senin 27/12/21.

Menurut Marten apapun yang dilakukan pemerintah jika tidak mampu memberi solusi buat warga miskin, maka daerah dinilai belum mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Sebab itu kami menggelontorkan program yang namanya gratis lahir sampai mati yaitu kartu sejahtera. Semua kebutuhan dasar masyarakat disubsidi dengan program ini, seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan dan pengembangan usaha,” jelas marten.

Bidang pendidikan misalnya kata marten pemkot telah menyiapkan dana operasional sekolah. Begitu juga bidang kesehatan, warga diintervensi mendapatkan BPJS Kesehatan dan Program JKN – KIS.

“Sehingga masyarakat bisa menggunakan pendapatannya untuk kebutuhan lainnya, tanpa dipusingkan dengan pengeluaran kebutuhan dasar” ucapnya.

Meski demikian marten mengakui upaya yang dilakukannya, tidak mengandalkan semuanya pada APBD kota Gorontalo. Menurutnya perlu ada kolaborasi dan sinergitas program dengan pemerintah pusat dan provinsi, karena pemkot memiliki anggaran terbatas.

Tidak sebatas paparan program, Marten mengikat kerjasama kedua daerah melalui MOU tentang penelitian dan pengembangan pembangunan daerah. Penandatangan di hadiri Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa.

Suharsi Igirisa menyampaikan dukungannya terkait dengan jalinan kerjasama yang dilakukan pemerintah kota Gorontalo.

“Dengan mengandalkan potensi laut dan perikanan, saya rasa kota Gorontalo turut memberikan kontribusi buat ekonomi pohuwato. Sebab sebahagian besar hasil laut kami dipasarkan dikota Gorontalo” ujarnya.

Selain berkunjung ke kabupaten pohuwato, rencananya pemerintah kota Gorontalo yang dipimpin Marten taha bersama OPD akan melanjutkan kunjungan serupa ke kabupaten boalemo tanggal 27-28 desember 2021. Kegiatan dikemas dalam nuansa kekerabatan, dengan mengisi kegiatan hiburan seperti pertandingan eksebisi sepak bola.

Komentar