Rektor Usulkan HPN dapat Dilaksanakan di Gorontalo

GORONTALO, (PN) – Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST,MT, mengusulkan agar Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 mendatang dapat dilaksanakan di Provinsi Gorontalo. Hal ini disampaikan Rektor dalam sambutannya pada Konferensi Provinsi (Konferprov) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo, Selasa (24/1).

“Andaikan tahun 2024 mendatang hari pers dapat dilaksanakan di Gorontalo menurut saya akan menjadi sesuatu yang luar biasa,” ungkap Rektor yang disambut aplaus peserta yang hadir.

Pelaksanaan hari pers di Gorontalo kata Rektor memiliki alasan kuat, selain untuk membangkitkan gairah PWI Gorontalo juga karena melihat sejarah jurnalisme di Gorontalo. Menurutnya sejarah jurnalisme tersebut telah terbangun lama dimana sejak tahun 1920-an sudah ada media ponuwa yang diterbitkan oleh gorontalo institut, dengan salah satu wartawannya Abdul Uno kakek dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno yang menulis tentang Maleo.

“Ada juga tokoh sastra kita yakni H.B. Jassin serta banyak sejarah lainnya. Sejarah kesusastraan Gorontalo itu bagus dan diakui dengan adanya tokoh-tokoh tersebut,”pungkasnya. (**)

Komentar