oleh

KKN Tematik di Desa Alata Karya, Keluarga Bersinar Jadi Program Prioritas Mahasiswa UNG

GORUT, (PN) — Mendekati penghujung kegiatan dari mahasiswa KKN Tematik UNG khususnya di desa Alata Karya, terus mengoptimalisasikan progres program Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Kurang lebih dari satu bulan, capaian progres program desa Bersinar sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG, dengan berbagai inovasi telah dikembangkan.

Baik itu sosialisasi, melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara persuasif serta memberikan edukasi sebagai langkah preventif terhadap dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba.

Terutama para kaum Millenial yang ada di desa Alata Karya, Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Kepala desa Alata Karya, Sofyan Mahmud, kepada awak media mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi program kegiatan mahasiswa KKN Tematik UNG, terutama program desa Bersinar. Senin, (18/10).

“Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi apa yang menjadi program dari adik-adik mahasiswa KKN Tematik UNG, selama mereka berada desa kami untuk melaksanakan berbagai program kegiatan. Memang sudah banyak program kegiatan yang mereka buat, terutama desa bersinar yaitu Bersih dari Narkoba, dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terhadap dampak dari bahaya narkoba,”ucap Sofyan

Lihat Juga  Berikan Bantuan Bahan Baca, Perpustakaan Dorong Program Literasi di Desa

Selain itu juga, lanjut Sofyan, mahasiswa ikut membantu pemerintah desa dalam hal ini kegiatan yang ada di kantor desa. “Serta turun langsung mendata masyarakat, dan ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi, melalui pendekatan yang humanis dan persuasif agar masyarakat bisa menerima vaksinasi demi kesehatan untuk membentengi diri dari penyebaran virus Covid-19. Alhamdulillah dengan adanya adik-adik mahasiswa ini kami juga merasa terbantukan.” Tutur Sofyan.

Sementara itu di tempat yang sama, Kordes mahasiswa KKN Tematik UNG, Riski Soraya, menuturkan ada beberapa program Bersinar sudah dilaksanakan, hingga sampai pada penghujung program kegiatan nanti.

“Alhamdulillah, program awal kami berada di desa Alata Karya Ini, yaitu program desa Bersinar, kami lakukan pemetaan atau observasi di awal untuk lebih mengetahui apakah dari identifikasi masalah yang terangkat dari hasil observasi kami. Tapi ternyata, Alhamdulillah di desa Alata Karya ini tidak teridentifikasi narkoba, dan tidak ada sama skali.” ujarnya.

Lihat Juga  Rektor Lakukan Monev Program Kampus Merdeka Prodi Manajemen Pendidikan

Lanjutnya lagi, hasil dari observasi diangkat untuk dilakukanya sosialisasi di beberapa sekolah yang berada di desa Alata Karya, Kecamatan Kwandang.

“Selanjutnya kami lebih ke pendekatan fungsi keluarga, yaitu program ke dua kami. Penguatan fungsi program keluarga ini agar lebih tepat sasaran, sebab keluarga menjadi tameng utama untuk anak-anaknya, ini kami lakukan sampai ke dusun-dusun,”

“Setelah itu kami barengi juga dengan Nobar untuk lebih menarik masyarakat, sebelum nobar kami kaitkan dengan sosialisasi vaksinasi kepada masyarakat, jadi kami awali dengan sosialisasi vaksinasi, sosialisasi tentang bahaya narkoba, setelah itu nobar.” pungkas Riri.

Selain itu juga mahasiswa KKN Tematik UNG membuat beberapa kerajinan, yaitu papan nomor rumah dengan design yang mereka ciptakan sendiri, yaitu design keluarga Bersinar.

Lihat Juga  204 Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi Akan Mengikuti Perkuliahan di UNG

Dengan dibuatnya papan nomor rumah, atau design keluarga Bersinar, maka lebih mudah ketika ada tim peninjau datang dan bisa mengetahui anggota keluarga tersebut adalah keluarga Bersinar. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

Editor: Imran Husain

Komentar