Tekan Angka Stunting di Bone Bolango, Rachmat Gobel Salurkan Beras Fortivit

BONEBOL, (PN) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Rachmat Gobel menyalurkan beras fortivit di Kabupaten Bone Bolango dalam rangka menekan angka Stunting, di Rudis Bandayo, Senin (26/7/2021).

Rachmat Gobel mengatakan pemberian bantuan beras fortivit ini tidak lepas dengan adanya aspirasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone Bolango, Lolly Pou Yunus dan Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli yang sangat focus mencegah adanya stunting di daerah ini.

“Jadi ini aspirasi dari mereka jika bertemu saya selalu bertanya tentang masalah stunting di Bone Bolango,”kata Rachmat.

Rachmat Gobel menjelaskan setelah mendapatkan aspirasi ini, ia berkesempatan bertemu dengan Direktur Utama Bulog, Budi Waseso dan pada saat diberitahukan adanya beras yang berguna mencegah stunting.

“Suatu ketika saya bertemu dengan Direktur Utama Bulog Budi Waseso, saya diberitahu ada beras fortivit yang dibutuhkan masyarakat untuk mencegah stunting dan juga meningkatkan imunitas dan lain sebagainya apalagi dimasa pandemic covid-19,”jelas Rachmat.

Rachmat Gobel menuturkan dari aspirasi dan pertemuan tersebut  ia memutuskan di Provinsi Gorontalo disaat pandemic Covid-19 agar diadakan 12 ton beras fortivit tersebut.“Dari 12 ton ini telah dipaket menjadi 2.400 dan setiap paket tersebut berisi 5 kg beras,”tutur Rachmat

Rachmat Gobel mengungkapkan nantinya beras fortivit ini akan dibagikan kepada para ibu hamil dan menyusui yang ada di Provinsi Gorontalo dan termasuk di dalamnya Kabupaten Bone Bolango disertai harapan agar anak yang dikandung serta dilahirkan bisa mendapatkan gizi yang baik  sehingga tumbuh sebagai anak diharapkan.

“Karena anak-anak ini kelak akan menjadi tulang punggung kita dimasa yang akan datang dan harus menjadi orang hebat,”ungkap Rachmat.

Rachmat Gobel juga menambahkan program bantuan beras fortivit tidak hanya dilakukan sekarang, tetapi akan terus berkelanjutan dengan jumlah yang akan terus bertambah.

“Program ini bukan hanya pada saat sekarang tetapi akan diadakan setiap masa reses saya akan dilakukan serta jumlahnya akan terus bertambah,”ujar Rachmat.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengatakan beras fortivit yang dibagikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, sangat baik untuk mencegah serta menanggulangi stunting yang sekarang ini sedang menjadi isu nasional, provinsi, bahkan kabupaten.

“Di Bone Bolango sendiri kita masih punya puluhan desa stunting. Oleh karena itu, ada intervensi dan perlakuan khusus untuk desa tersebut dimana bayi atau balitanya kami beri makanan tambahan, vitamin maupun obat-obatan hingga susu yang didanai melalu Dana Desa,”kata Hamim.

Hamim Pou juga menuturkan pihaknya mendorong para petani dalam setiap musim tanam bisa menggunakan serta memproduksi beras organik atau premium dalam rangka memperbaiki standar gizi di Bone Bolango.

“Kita mendorong para petani untuk melakukan 3 kali musim tanam dan panen serta memakai beras organik atau premium guna memperbaiki standar gizi di Bone Bolango,”tutur Hamim.

Hamim Pou berharap beras fortivit yang dibagikan oleh Rachmat Gobel untuk dikonsumsi serta tidak untuk diperjualbelikan.

Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita, menilai apa yang diberikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, merupakan bantuan yang sangat mulia. Sebab menurutnya didalam beras fortivit terdapat kandungan vitamin.

“Di dalam beras itu ada vitamin A, B, zing dan asam folat jika dibeli vitamin ini mahal. Jadi ini sudah dibuat dalam satu kemasan beras,”ujar Febby.
Febby Novita mengungkapkan selain berguna mencegah stunting, beras fortivit juga berguna untuk meningkatkan stamina dan imunitas tubuh, melancarkan sirkulasi darah, menjaga fungsi jantung, saraf, otak, mata, dan telinga, menjaga sistem reproduksi, pencernaan, dan kesehatan tulang.

“Ditengah pandemic sekarang ini kita sangat perlu untuk mengkonsumsi beras fortivit dan ini jika terus dikonsumsi bisa terlihat hasilnya serta sudah terbukti di wilayah lain di Indonesia,”ungkap Febby.

Komentar