Program Doktor Adminsitrasi Publik di UNG Kukuhkan Lulusan ke-39

GORONTALO, (PN) – Lulusan program doktor pascasarjana UNG kembali bertambah, setelah dikukuhkannya Dr. Wahyudi Gobel, S.STP, M.Si, sebagai lulusan program doktor bidang administrasi publik. Lulusan berprofesi sebagai ASN tersebut berhasil meraih gelar doktor setelah menyelesaikan ujian terbuka disertasi promosi doktor, Selasa (23/5), di Aula Pascasarjana.

Dengan mengangkat disertasi dengan judul penerapan e-government dalam pelayanan publik melalui sistem pajak online (E-Tax), Wahyudi menjadi lulusan ke-39 program doktor administrasi publik dengan capaian indeks yudisium 3.87 predikat pujian.

Wahyudi mengatakan penelitian yang dituangkan dalam disertasinya bertujuan memberikan gambaran yang terjadi, terkait pelayanan publik melalui sistem pajak online (E-Tax) serta memberikan solusi terbaik dan seideal mungkin.

“Ada 3 poin penting mengapa e-tax menjadi objek penelitian, dikarenakan urgensinya berkaitan dengan kualitas pelayanan publik pada pemerintah, penerapan transformasi digital, pendapatan daerah dan menekan potensi kebocoran pendapatan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya jika pemerintah daerah khususnya Kota Gorontalo ingin mengoptimalkan penerapan e-tax, maka perlu diperkuat tiga komitmen yang menjadi novelti dalam disertasi penelitian yang dibuatnya.

“Ketiganya yakni komitmen pimpinan, komitmen organisasi dan komitmen masyarakat. Namun saat ini bukan berarti komitmen tersebut tidak ada, tapi perlu untuk lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (**)

Komentar