Mahasiswa Pascasarjana Raih Gelar Doktor di UNG

GORONTALO,(PN) – Program doktor administrasi publik terus konsisten melahirkan lulusan terbaik, setelah melaksanakan ujian terbuka disertasi promosi doktor, Sabtu (27/5). Dr. M. Syahrullah M.I. Polontalo, S.IP, M.Si., merupakan lulusan ke-43 bidang administrasi publik berhasil meraih gelar tersebut, usai memaparkan hasil disertasinya dengan judul efektivitas kebijakan pengembangan pariwisata daerah di Provinsi Gorontalo.

Syahrullah dalam disertasi mengungkapkan bahwa begitu besarnya potensi pariwisata di Gorontalo, mendorongnya untuk mencoba ikut berkontribusi dalam mengoptimalkan pariwisata sehingga mampu memberikan peningkatan pendapatan bagi daerah.

Menurutnya untuk berangkat dari temuan di lapangan banyaknya aktor pariwisata masih berjalan secara sendiri, sehingga dibutuhkan suatu kolaborasi dari pemerintah yang akan mengatur aktor pariwisata tersebut. Sebagai Peneliti Ia menawarkan satu novelty yakni tepat kolaborasi, yang memperkuat teori efektivitas kebijakan oleh Nugroho (2012) dengan 5 tepat.

“Sehingga selain ada tepat kebijakan, tepat proses, tepat pelaksanaan, tepat target dan tepat lingkungan, akan ditambahkan lagi dengan tepat kolaborasi,” jelasnya.

Untuk pengembangan pariwisata ke depan sangat penting melakukan kolaborasi, antara pemerintah dengan masyarakat, investor, akademisi dan media massa untuk saling bersinergi dalam perspektif pentahelix.

“Hasil disertasi ini tentunya dapat dijadikan pertimbangan dari pemerintah daerah, untuk dapat diterapkan dalam pelaksanaan kebijakan pariwisata ke depannya,” harap Syahrullah. (**)

Komentar