oleh

Konsisten Pada Perjuangan Pembebasan Penderitaan Rakyat

Jakarta, (PN) – Sekretaris Jendral PRIMA (Partai Rakyat Adil Makmur) Dominggus Oktavianus, Berangkatdari ujung timur, di kota perbatasan dengan Provinsi Timor Timur (sekarang Negara Timor Leste) menuju Kota Besar Surabaya, pemuda Dominggus Oktavianus bersemangat menimba ilmu. Di kota itu, selain kuliah Jurnalistik di Universitas Dr Soetomo, Dominggus menaruh minat pada diskusi-diskusi: demokrasi, keadilan sosial, perburuhan dan industri nasional. Tak hanya berdiskusi, empatinya terhadap penderitaan rakyat, membawanya terlibat dalam pengorganisasian buruh.

Kepalang tanggung, Dominggus pun mencemplungkan diri dalam pergerakan buruh dan tahun 1998, bergabung dan menjadi kader Partai Rakyat Demokratik (PRD). Tahun 1999, ia hijrah ke Jakarta: keluar masuk perkampungan buruh; memberanikan mereka melawan ketidak-adilan melalui aksi dan demonstrasi di pusat kekuasaan hingga mengemban amanat sebagai Pengurus Pusat Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI).

Tak hanya aksi, Bung Dom juga terlatih berpikir reflektif. Menulis artikel dan pandangan- pandangan ekonomi politik di www.berdikarionline.com juga di media jurnal lain dan terlibat dalam lembaga riset seperti LPMIS. Ia menulis kumpulan puisi Kawan dan Berlawan, sehingga sering dipanggil juga Kawan Pablo, yang mengingatkan pada Pablo Neruda, penyair kerakyatan dari Chili. Tugas-tugas luar negeri juga sering dijalaninya: Jerman, Prancis, Belanda, Swedia dan terakhir ke Venezuela sebagai undangan menghadiri pelantikan Presiden Nicholas Maduro

Kesetiakawanan, empati dan keberaniannya berjuang bersama rakyat, membuat Dominggus Oktavianus dipercaya mendampingi Agus Jabo Priyono menahkodai PRIMA sebagai Sekretaris Jendral.

Komentar

News Feed