Yuk Cari Tahu Perbandingan Kipas Angin Plafon dan Berdiri, Mana yang Lebih Baik?

Kipas angin telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang terutama yang tinggal di negara panas atau tropis seperti Indonesia. Bertugas memutar sirkulasi udara, kipas angin mengurangi udara panas di dalam ruangan. Selain berfungsi sebagai penyejuk, kehadiran kipas angin kini juga diperhitungkan sebagai elemen penghias ruangan.

Saat ini ada dua jenis kipas angin yang sering ditemukan baik di rumah ataupun di luar. Kipas angin plafon, yakni kipas angin yang sering tampak sebagai gantungan ruang tamu, diletakkan dengan cara digantung pada plafon sebuah ruangan. Dan kipas angin berdiri, yakni kipas angin yang diletakkan tegak di atas lantai. Masing-masing tentu memiliki keunggulan dan kekurangan. Mari kita simak perbandingan kipas angin plafon dan berdiri yang dapat Anda pertimbangkan.
Kelebihan dan Kekurangan Kipas Angin Plafon dan Berdiri

Kipas Angin Berdiri

Kipas angin berdiri memang terlihat lebih sederhana. Selain mudah didapat, cara pemasangannya pun dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah dan cepat. Berikut di bawah adalah kelebihan dan kekurangan kipas angin jenis ini.

Kelebihan:
● Lebih mudah dipasang dan dibersihkan.
Pemasangan kipas jenis ini bisa dikatakan sederhana. Cukup dengan meletakkan unit kipas di atas lantai, Anda langsung dapat menggunakannya. Membersihkan kipas juga terbilang mudah. Hanya dengan membuka penutup kipas, Anda dapat segera menyentuh baling-baling yang ada di dalamnya.
● Lebih hemat energi.
Kipas angin berdiri umumnya diklaim lebih irit dalam hal penggunaan listrik dibanding kipas angin plafon. Hal ini disebabkan oleh ukuran motor yang lebih kecil sehingga daya yang diperlukan juga lebih sedikit untuk menggerakkannya.
● Murah dan mudah didapatkan.
Secara umum, kipas angin jenis ini lebih mudah didapat dengan biaya yang cukup terjangkau alias murah.
Kekurangan:
● Jangkauannya tak terlalu luas.
Karena bentuknya yang tegak berdiri dan terpaku pada tiang penopang, kipas angin berdiri tak dapat menjangkau ke seluruh ruangan.
● Kurang terlihat estetik.
Kipas angin tipe ini memang mudah dipasang, namun karena letaknya langsung di atas lantai di sebuah, penampakannya menjadi tak terlalu menarik.

Kipas Angin Plafon

Kipas angin plafon sering disebut sebagai kipas angin lampu karena kerap dijual bersamaan dengan lampu dalam satu kesatuan. Di bawah adalah beberapa keunggulan dan kekurangan kipas jenis ini.
Keunggulan:
● Jangkauannya lebih luas dan merata ke seluruh ruangan.
Kipas tipe ini mampu menjangkau lebih banyak hingga sudut ruangan. Ukuran dan panjang bilahnya pun relatif lebih besar dibanding kipas angin berdiri. Ketika diletakkan sebagai gantungan ruang tamu contohnya, maka sebagian besar sisi ruangan dapat dicapai oleh jenis yang satu ini.
● Lebih menarik dan estetik untuk dilihat.

Kipas angin plafon memang kerap digunakan sebagai penghias ruangan. Kipas ini tersedia dalam berbagai bentuk baling yang menarik serta berbahan bagus seperti kayu dan plastik yang berkualitas. Pilihan warnanya juga cenderung lebih banyak, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan tema desain ruangan.
Kekurangan:
● Pemasangan dan perawatan lebih sulit dilakukan.
Pemasangan kipas jenis ini memang cenderung lebih rumit, hal ini disebabkan oleh posisinya yang harus menggantung di plafon. Begitu juga dengan perawatan yang akan membutuhkan usaha ekstra ketika membersihkan.

● Lebih mahal dibanding kipas angin berdiri.

Kipas angin plafon memang cenderung lebih mahal dibanding dengan tipe berdiri. Hal ini karena ukuran baling dan motor penggeraknya yang lebih besar.

Rumah Menjadi Lebih Estetik dan Menarik dengan Kipas Angin Plafon
Dari berbagai perbandingan kipas angin plafon dan berdiri, kipas angin jenis berdiri nampaknya cocok digunakan bagi Anda yang mempertimbangkan faktor kemudahan instalasi, perawatan, dan harga. Namun jika Anda lebih mementingkan estetika ruangan, maka Anda layak mempertimbangkan untuk memiliki kipas angin plafon.

Kipas angin plafon banyak digunakan di ruangan yang berukuran besar atau fungsional. Kipas angin plafon terkadang juga digunakan untuk hiasan ruang tamu. Jika Anda ingin variasi dari berbagai bentuk kipas angin plafon bisa didapatkan di e-commerce seperti Blibli. Aneka model dan bahan seperti bilah yang terbuat dari kayu atau plastik tersedia di sini, dan tentunya hadir dalam berbagai warna menarik.

Blibli sebagai marketplace asli Indonesia yang telah hadir sejak 2011, menghadirkan jutaan jenis barang yang dapat melengkapi kebutuhan Anda sehari-hari. Proses transaksinya pun mudah, aman, dan terpercaya. Anda dapat menentukan metode pembayaran sesuai keinginan. Tak lupa, Blibli juga menyediakan beragam promo hingga program gratis ongkir yang tentu akan sangat menguntungkan jika Anda manfaatkan.(*)

Komentar