Warek I Harto Malik Sambangi Peserta UTBK-SBMPTN UNG

Gorontalo, (PN) — Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) untuk gelombang I telah dimulai oleh LTMPT, dalam menghadapi ujian tersebut berbagai persiapan harus dipersiapkan dengan baik oleh seluruh peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, mengatakan menjelang pelaksanaan UTBK-SBMPTN peserta perlu mempersiapkan keperluan dengan baik, mulai dari persiapan belajar materi, belajar latihan soal. Selain itu persiapan paling penting dilakukan peserta menuju pelaksanaan ujian juga tidak boleh dilupakan, diantaranya dokumen yang harus dibawa serta tata cara berpakaian pada seleksi UTBK SBMPTN 2022.

“Ketika datang ke lokasi ujian peserta wajib membawa dokumen-dokumen, yang menjadi persyaratan masuk ke ruangan ujian diantaranya kartu peserta ujian,” ungkap Harto.

Selain membawa kartu ujian, peserta ujian kata Harto juga diwajibkan membawa dokumen lainnya diantaranya kartu identitas lain seperti KTP, SIM ataupun Kartu Pelajar, serta membawa ijazah/legalisir ijazah bagi lulusan 2020 dan 2021.

“Khusus siswa SMA/SMK/MA angkatan 2022 membawa surat keterangan kelas 12 asli yang ditandatangani Kepala Sekolah, dengan berisi nama dan NISN siswa serta NPSN sekolah dilengkapi pasfoto berwarna terbaru dan dibubuhi cap sekolah, atau juga bisa membawa surat keterangan lulus,” terangnya.

Menurutnya dokumen yang dibawa oleh peserta tersebut nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh pengawas ruangan saat akan masuk tempat ujian. Jika dalam pemeriksaan dokumen tidak lengkap atau ditemukan ketidaksesuaian identitas dengan dokumen, maka peserta tidak dibolehkan mengikuti ujian.

“Peserta ujian juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker selama mengikuti ujian serta menjaga jarak fisik. Selain itu peserta harus datang ke lokasi 1 jam sebelum pelaksanaan ujian dan terlebih dahulu sarapan untuk ujian sesi pagi dan makan siang untuk ujian sesi siang,” pungkasnya.

Untuk UTBK-SBMPTN di UNG akan diikuti total 5.669 peserta yang terbagi dalam peserta gelombang I sebanyak 2834 orang sedangkan peserta gelombang II sebanyak 2835 peserta. Untuk pelaksanaan ujian gelombang I akan dilaksanakan mulai tanggal 17 – 23 Mei 2022 sedangkan gelombang II dilaksanakan pada tanggal 28 Mei hingga 3 Juni 2022 mendatang (Adv)

Komentar