Walikota Gorontalo Siap Jadi Orang Pertama Yang Di Vaksin

Kota Gorontalo, (PN) Walikota Gorontalo, Marten Taha mengaku siap menjadi orang pertama divaksin Covid -19 dalam rangka menyukseskan gerakan vaksinasi nasional khususnya di wilayah Kota Gorontalo.

Marten mengatakan apabila secara medis dirinya memenuhi syarat untuk divaksin, ia siap menjadi percontohan vaksinasi massal.

“Sayangnya vaksin yang telah didistribusikan ke sejumlah daerah, termasuk Gorontalo itu baru diuji klinis bagi kelompok usia tertentu. Yakni mereka yang berusia 18 -59 Tahun, sementara saya telah melampui usia tersebut” ujar Marten saat menjawab pertanyaan warga pada sosialisasi vaksinasi Covid – 19 di studio RRI Gorontalo, Kamis 7/1/2021.

Tapi hal ini tidak menyurutkan niatnya untuk menjadi yang pertama.

Ia menjelaskan, bahwa vaksin yang telah didistribusikan ke daerah – daerah, termasuk Gorontalo dijamin aman digunakan karena telah melalui proses uji klinis secara berjenjang.

“Saya minta warga tidak perlu takut secara berlebihan, apalagi termakan hoax. Vaksin ini hampir sama dengan vaksin lainnya. Ketika disuntikkan ke tubuh tidak begitu terasa, dan waktunya hanya sekejap” ucap Marten.

Bersamaan dengan itu, Pemerintah provinsi Gorontalo telah menerima vaksin sebanyak 9.760 dosis dari pemerintah pusat. Vaksin yang bermerek sinovac buatan China itu, akan dibagikan ke Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Kota Gorontalo, Mohammad Kasim, mengungkapkan jika tahap awal vaksinasi ditujukan bagi para tenaga medis.

“Apabila vaksin ini berhasil akan dilanjutkan pada tahapan berikutnya yaitu vaksinasi masal bagi masyarakat. Saya rasa dalam fase ini masyarakat tidak perlu khawatir, karena ada masa dan waktunya” ujar Kasim.

Terkait waktu pemberian vaksin, Kasim belum menjelaskan kapan kepastian pelaksanaan vaksinasi di kota Gorontalo. Tapi pada intinya, jajaran Dinas Kesehatan Kota Gorontalo sudah siap untuk program ini. (Rls)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar