Uji Publik Rancangan Dapil, Ketua KPU: Alokasi Kursi DPRD Provinsi Masih Tetap 45

Kota Gorontalo, (PN) — Uji Publik Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Provinsi pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadlyanto Koem, di Ballroom Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Kamis (19/01).

Fadlyanto mengatakan, kegiatan ini bagian dari upaya mensukseskan pemilu tahun 2024, yaitu KPU bisa menyajikan data yang bisa diakses oleh publik, termasuk uji publik hari ini untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari para peserta.

” Peserta di ikuti Civitas Akademika, Pegiat Pemilu, Partai Politik, Media, BEM Universitas, dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadlyanto menjelaskan, rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD akan disampaikan ke KPU RI sehingga layak untuk dilaksanakan pada Pemilu 2024 karena sudah mendapatkan tanggapan dan masukan dari berbagai pihak.

” Dalam rancangan ini jumlah kursi di setiap Dapil di Provinsi Gorontalo akan menjadi sorotan tetapi untuk jumlah kursi DPRD Provinsi tetap dengan jumlah 45 kursi yang dibagi dalam beberapa Dapil,” katanya.

Hanya saja, Ia mengungkapkan ada banyak faktor yang mempengaruhi rancangan dapil ini, antara lain data kependudukan dan cakupan wilayah di wilayah Provinsi Gorontalo.

” Dengan adanya rancangan ini maka calon peserta pemilu tahun 2024 menjadi dasar dalam mengambil kebijakan untuk persiapan pemilu yang lebih baik,” tandasnya. (IH)

Komentar