Tingkatkan Mutu Pembelajaran Melalui Klinik Pendidikan

GORONTALO, (PN) – Dinas Pendidikan Kota Gorontalo akan hadirkan Klinik Pedidikan sebagai bentuk upaya meningkatkan mutu pembelajaran para guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, Lukman Kasim menjelaskan bahwa ditengah berlangsungnya pembelajaran secara daring, mutu pembelajaran haruslah lebih baik. Sehingga untuk meningkatkan mutu pembelajaran, dirinya telah menyiapkan satu program yang disebut dengan klinik pendidikan.

“Muatan Klinik pendidikan ini menyangkut berbagai metodologi, strategi dan aplikasi yang selama ini tidak di maksimalkan oleh guru,” Ujar Lukman. Jumat (22/1/2021) Di Kantor Dinas Pendidikan Kota Gorontalo

Dalam proses pembelajaran mengajar terkadang para guru memiliki kendala dalam mengelola pembelajaran sehingga dengan hadirnya klinik pendidikan akan menjadi pusat bantuan bagi para guru dalam mengatasi masalah-masalah pembelajaran.

Menurut Lukman, banyak muatan-muatan strategi, metodologi dan model pembelajaran namun di tingkat lapangan model ini belum terimplementasi dengan baik.

Seperti pemanfaatan model pembelajaran based learning, metode inquiry learning akan dimaksimalkan melalui klinik pendidikan ini.

Kemudian dalam menerapkan klinik pendidikan ini, pihaknya akan melakukan pendekatan advice personal dan melakukan diskusi kelompok terbatas.

“Jadi proses bimbingannya kita lakukan diskusi terbatas untuk membimbing guru-guru,” Kata Lukman.

Yang akan melakukan pembimbingan adalah guru-guru kreatif yang sudah teridentifikasi dengan keahlian masing-masing.

“Lewat klinik pendidikan itu kita akan sajikan melalui panduan dan vidio dengan didampingi oleh tim pendamping, guru-guru kreatif tadi,” ujar Ketua PGRI Kota Gorontalo ini.

“Hadirnya klinik pendidikan ini secara tidak langsung adalah untuk mendorong para guru keluar dari zona nyaman, yang selama ini mereka lebih banyak berada pada strategi yang sifatnya konvensional menuju strategi yang lebih progresif,”Imbuhnya. (Arlan)

Komentar