Temui Mendes, Rektor Laporkan Perkembangan Rencana Teluk Tomini dan Maluku Utara

Jakarta, (PN) – Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., menemui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd., pada Kamis (3/2) di Jakarta untuk melaporkan perkembangan usulan Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini dan Maluku Utara.

“Hal utama yang kami laporkan pada Gus Menteri adalah, pada saat ini, UNG telah menyelesaikan dokumen perencanaan Sintesa I Kawasan Ekonomi Khusus Perdesaan Teluk Tomini dan Maluku Utara,” ungkap Rektor.

Pertemuan tersebut kata Rektor juga untuk meminta arahan dari Menteri Desa terkait agenda penguatan kelembagaan desa dan Badan Usaha Milik Desa se Teluk Tomini.

“Kami juga menawarkan agar terbentuknya Asosiasi Desa Pesisir dan Mendes pun merespon positif serta mengatakan akan mendukung sepenuhnya,” ujarnya.

Menurut Mendes dalam pengembangan Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, desa harus terlibat secara aktif dan penuh. Tidak boleh ada desa yang “ditinggalkan” dalam pembangunan. Maka oleh karena itu, Mendes sangat mendukung upaya pengembangan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara yang berbasis perdesaan.(**)

Komentar